Rabu, Juni 29, 2022
Google search engine
BerandaBeritaKantor Desa Loleo Jaya Morotai Dipalang, Warga Minta Cakades Tomi Nawi Dilantik

Kantor Desa Loleo Jaya Morotai Dipalang, Warga Minta Cakades Tomi Nawi Dilantik

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news – Masyarakat pendukung Calon Kepala Desa (Cakades), Nomor Urut 02 melakukan aksi pemalangan Kantor Desa Loleo Jaya, Kecamatan Morotai Utara.

Aksi pemalangan Kantor Desa tersebut, dengan tuntutan, Meminta kepada Bupati Morotai, Benny Laos agar segera melantik Cakades Terpilih atas nama Tomi Nawi.

“Kami sebagai masyarakat Desa Loleo Jaya meminta kepada Bupati Benny Laos agar segera melantik Kades Terpilih atas nama Tomi Nawi, dengan alasan bahwa Pemilihan Pilkades Desa Loleo Jaya sudah selesai dan itu sah tidak ada indikasi kecurangan sama sekali,” teriak Yance Alex Nete warga desa setempat. Kamis (19/05/2022).

Alex menilai, bahwa soal 26 warga pendukung Cakades 01 Jefri Pelafu yang tidak memberikan hak suara, hal itu karena mereka tidak hadir di TPS pada saat Pemilihan berlansung.

Baca Juga :  Peringati Hari Bakti TNI AU Ke-74, Lanud Leo Wattimena Laksanakan Serbuan Vaksin kepada Warga Sekitar Pelabuhan Feri Juanga Morotai

“Kenapa nanti so kalah baru bilang mereka di cegah oleh Pihak Cakades 02, padahal mereka yang tidak hadir di TPS pada saat Pemungutan suara berlansung,” bebernya

Disisi lain, ia juga meminta kepada Bupati Morotai untuk segera memerintahkan Inspektorat Morotai agar memeriksa Cakades 01 yang sampai saat ini masih memegang jabatan Bendahara Desa Loleo Jaya.

Bahkan mereka menegaskan, apabila tuntutan mereka tidak diakomodir, maka Bupati Morotai dinilai gagal menjalankan kebijakan persoalan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

“Jika Bupati tidak mengindakan tuntutan kami berarti kami menilai Bupati gagal dalam menjalankan roda pemerintahannya lebih khususnya kebijakan soal Pilkades.
buy cymbalta online buy cymbalta online no prescription

Untuk itu kami minta kepada Bupati agar segera melantik Tomi Nawi sebagai Calon Kepala Desa terpilih,” tegasnya

Baca Juga :  Pemda Morotai Gelar Kegiatan Pelatihan Pembelajaran Edukasi Guru Paud Kabupaten Pulau Morotai
Suasana aksi di Desa Loleo Jaya

Diketahui Pilkades Loleo Jaya yang digelar pada 29 Maret 2022 lalu, Cakades 01 Jefri Pelafu mengantongi 290 suara dan Cakades 02 Tomi Nawi meraih sebanyak 292 suara dengan selisis 2 suara.

Amatan media ini, Kantor Desa Loleo Jaya dipalang menggunakan dua buah balok yang di paku pada Pintu Utama Kantor Desa serta dipampang satu buah spanduk yang berukuran kurang lebih 3 x 2 meter.

Baca Juga :  Bupati Morotai Resmi Letakan Batu Pertama Pembangunan Gereja Exodus Sambiki Batu

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Morotai, Ahdad H Hasan, ketika dikonfirmasi terpisah mengaku masih terdapat dua desa yang belum ikut pelantikan Kepala Desa yang dilaksanakan dini hari, kamis, 19 Mei 2022.

“Hari ini kami pastikan ada 86 Kepala Desa yang akan dilantik, sementara dua desa lain yaitu Desa Sangowo Timur yang diagendakan PSU di tanggal 22 Mei 2022 dan Desa Loleo Jaya yang hasil Putusannya sampai saat ini kami belum terima,” ungkapnya

Menurutnya hingga saat ini, Panitia penyelenggara Pilkades tingkat Kabupaten belum menerima hasil putusan dari Tim Penyelesaian Sengketa Pilkades Morotai terkait dengan persoalan Pilkades Loleo Jaya. (Endi/Red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Covid-19 Counter

Indonesia
6,080,451
Total Kasus
Updated on 27 June, 2022 1:25 am

Paling Populer

Headline News