Kabupaten OKI Raih Penghargaan IRSA 2018

OGAN KOMERING ILIR,Wartaterkini.News–Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kembali mendapat penghargaan Indonesia Road  Safety Award (IRSA) 2018 ke enam kalinya. Penghargaan ini diberikan kepada Kota dan Kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan. Untuk itu diambil tema. “Kontekstualisasi Smart City dalam Penerapan Program-program Tata Kelola Keselamatan Jalan”.

IRSA merupakan rangkaian dari program Corporate Social Responsibility Adira Insurance yang bertajuk kampanye I Wanna Get Home Safely!.  Kampanye ini digagas untuk memberi kontribusi untuk peningkatan keselamatan di jalan dan menurunkan angka kecelakaan di Indonesia.

Adira Insurance melalui Autocilin berkomitmen penuh untuk menurunkan angka kecelakaan di Indonesia dalam program ini, dengan mengajak seluruh lapisan masyarakarat baik pemerintahan, pihak lembaga swadaya masyarakat, pihak swasta dan berbagai pihak lainnya untuk terus peduli terhadap keselamatan jalan.

Kepala Dinas Perhubungan, Ir H Syaiful Bahri MSi, Rabu (19/12/2018) menyebutkan, Julian Noor, Chief Executive Adira Insurance, menilai baik dengan IRSA digelar bisa membuat keprihatinan tinggi tingkat kecelakaan di jalan raya di Indonesia.

Baca Juga :  Puncak Peringatan Hari Ibu Tingkat Nasional ke-90 Tahun 2018 Digelar di Bukittinggi

Sejak digelar pertama kali pada tahun 2013 lalu, peserta yang mendaftar dalam ajang ini terus mengalami peningkatan.  Hal ini menunjukkan kesadaran Kota dan Kabupaten untuk meningkatkan keselamatan di jalan semakin baik.

Di tahun 2018, ada 137 kota dan kabupaten yang ikut serta dalam IRSA 2018.  Dari 137 peserta, terpilih 23 kota dan kabupaten finalis IRSA 2018.  23 finalis terpilih, berdasarkan data – data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan dan data pendukung lainnya. Demikian dijelaskan Kadishub OKI.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi juga mengapresiasi inisiatif Adira Insurance menggelar IRSA.  “Kami mengapresiasi kegiatan ini mengingat masih tingginya tingkat kecelakaan di jalan raya.  Mari kita terus menjaga keselamatan agar korban jiwa menurun,” kata Syaiful yang menirukan perkataan menteri perhubungan.

Baca Juga :  29 Provinsi Sukses Capai 70 Persen Vaksinasi COVID-19

Tak hanya itu, Kadishub OKI menyampaikan, berdasarkan catatan Kepala Korps Lalu Lintas Republik Indonesia, Irjen Pol Refdi Andri Korlantas Polri mencatat tahun 2017 ada 98.414 kasus kecelakaan lalu lintas atau turun sekitar 7 persen dibandingkan tahun 2016 yang sebanyak 105.374 kasus.

IRSA digelar melalui kolaborasi dan sinergitas dengan 5 Pilar keselamatan jalan di Indonesia yang disesuaikan dengan Rancangan Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan, diantaranya Kementerian PPN/BAPPENAS, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, Korps Lalu Lintas RI dan Kementerian Kesehatan.

Ditambahkan Kadishub OKI, penilaian IRSA mengacu pada lima pilar keselamatan jalan seperti yang tertuang pada Rancangan Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK) yakni Manajemen Keselamatan Jalan, Jalan yang Berkeselamatan, Perilaku Pengguna Jalan Yang Berkeselamatan dan Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan.

Kabupaten Ogan Komering Ilir menjadi salah satu finalis dari 23 finalis yang terpilih dalam ajang Penghargaan IRSA 2018. Penilaian pada Kabupaten Ogan Komering Ilir dilangsungkan pada Hari Jumat tanggal 5 Oktober 2018 pukul 16.00 lalu.  Dalam sesi penjurian ini, Dinas Perhubungan Kabupaten Ogan Komering Ilir menyampaikan program – program perencanaan transportasi yang sudah dilaksanakan dan perencanaan transportasi yang akan dilaksanakan di masa yang akan datang.

Baca Juga :  Massa Aksi Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat Shalat Tarawih di Jalan MH Thamrin dan Wahid Hasyim

Acara Penganugrahan Indonesia Road Safety Award 2018 diselenggarakan pada Hari Kamis tanggal 13 Desember 2018 yang bertempat di Grand Ballroom JW Marriot Hotel Jakarta Jl Dr Ide Anak Agung Gde Agung Kav 1.2 No. 1&2, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta, 12950.

Kabupaten Ogan Komering Ilir yang diwakili oleh Kepala Dinas Perhubungan, Ir H Syaiful Bahri MSi menerima piagam penghargaan sebagai Finalis Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2018 dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi.  (Arlan fatra/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini