banner 728x250

Kabupaten Kepulauan Seribu Jadikan Gebyar Pekan Imunisasi Dunia 2024 Ciptakan Generasi Sehat

Jakarta, wartaterkini.news–Kabupaten Kepulauan Seribu melalui Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, menyelenggarakan kegiatan Gebyar Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2024 yang bertujuan untuk menciptakan generasi yang memiliki Kesehatan, kecerdasan dan peradaban yang unggul.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi,  saat membuka Kegiatan Gebyar Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2024 tingkat Kabupaten Kepulauan Seribu di Plaza Kabupaten, Pulau Pramuka, Kamis (16/5/2024). Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, Murniasi Hutapea, dan, para SKPD atau UKPD terkait, perwakilan Bank DKI, PT Kalventis, PT Mayora dan Morinaga.

“Pada  perayaan 50 tahun Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2024,  yang  mengusung tema Nasional: “Imunisasi Lengkap, Indonesia Kuat”, kita jadikan momentum Gerak Langkah kita untuk memastikan anak-anak di Kepulauan Seribu mendapatkan imunisasi secara lengkap,” ujar Junaedi dikutip dari siaran pers Pemprov DKIO Wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu, Jumat (17/5/2024).

Ia meminta kepada seluruh jajaran Suku Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Seribu dibantu para camat dan lurah serta seluruh pihak-pihak yang terkait, untuk terus mengupayakan peningkatkan partisipasi aktif masyarakat terutama orang tua, dalam mencapai status imunisasi rutin lengkap sesuai jadwal bagi para balitanya.

Baca Juga :   Isteri-Isteri Kades di Morotai Berangkat ke Yogyakarta, Ini Agendanya

“Beberapa langkah kita lakukan, antara lain, mendorong keterlibatan dan komitmen seluruh elemen masyarakat, guna mencapai eradikasi dan eliminasi Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I-red). Kita juga meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kepercayaan masyarakat akan pentingnya  dan manfaat imunisasi, serta tidak ketinggalan mempermudah akses layanan bagi masyarakat yang akan memperoleh imunisasi secara lengkap,” ujarnya.

Plt Wakil Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia TLH menjelaskan, imunisasi adalah merupakan bagian dari pencegahan serta penanggulangan penyakit melalui upaya aktif pembentukan kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit tertentu, dan hingga saat ini masih menjadi upaya promotif dan preventif terbaik dan paling efisien dalam perwujudan kualitas kesehatan masyarakat

“Imunisasi juga telah menjadi salah satu fokus pilar transformasi pelayanan kesehatan primer dalam ruang lingkup upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak,” ujar Dwi.

Pada tahun 2024, Pekan Imunisasi Dunia di Indonesia mengambil tanggal 13 sampai 19 Mei 2024 sebagai Perayaan Pekan Imunisasi Dunia dengan tema Imunisasi Lengkap, Indonesia Kuat yang diikuti oleh tema Provinsi DKI Jakarta berupa Lengkapi Status Imunisasi Untuk Jakarta Sehat.

Baca Juga :   Disdikbud Pamekasan Mengajak Para Guru Berkreasi dan Mengatasi Tantangan Pendidikan di Masa Merdeka Belajar

Selama tahun 2023 Provinsi DKI Jakarta telah berkomitmen memberikan imunisasi dasar lengkap kepada 180.632 bayi usia 0-11 bulan (109,08%) dan imunisasi lanjutan lengkap ke 168.832 balita usia 18-24 bulan (99,75%).

“Melalui momen Pekan Imunisasi Dunia, Dinas Kesehatan DKI Jakarta bersama-sama dengan para jajaran tanpa letih kembali mengkampanyekan imunisasi rutin lengkap sejak lahir sampai selesai sekolah dasar untuk cegah penyakit,” kata Dwi Oktavia.

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta juga turut berpartisipasi aktif dalam momen Pekan Imunisasi Dunia melalui seminar online bersama dokter spesialis anak dan spesialis kebidanan kepada 600 guru sekolah dasar, orang tua murid, dan kader kesehatan. Podcast mengenai imunisasi rutin lengkap Jakarta Sehat kepada 1.000 ASN DKI Jakarta. Kampanye imunisasi rutin lengkap bersama dokter spesialis anak

“Semoga kegiatan perayaan Pekan Imunisasi Dunia Tingkat Kabupaten Kepulauan Seribu mencapai target tujuan akhir dari yang kita harapkan, berupa tercapainya peningkatan kesadaran dan kepedulian masyarakat Pulau Seribu dan tercapainya cakupan imunisasi tinggi serta merata di seluruh kelurahannya,” imbuh Dwi Oktavia.

Tercatat, dalam kegiatan tersebut dilakukan pemberian apresiasi dan sertifikat imunisasi yang dipersembahkan oleh Bank DKI, untuk kategori Bayi dengan Imunisasi Dasar Lengkap, kategori Baduta dengan Imunisasi Baduta Lengkap, kategori Posyandu dengan Kinerja Terbaik dalam layanan Program Imunisasi. Para penerima apresiasi dalam setiap kategori yang terpilih menerima tabungan sebesar Rp500.000 dari Bank DKI.

Baca Juga :   Saudia Airlines Angkut 106 Ribu Jemaah Haji Indonesia 2024

Setelah kegiatan selesai kemudian dilakukan juga kunjungan stand layanan imunisasi dan penetesan Vaksin Polio oleh Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi, Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia, dan tamu undangan lainnya.

Untuk memeriahkan kegiatan, dilakukan juga talk show dengan tema “Pentingnya Melengkapi Status Imuniasi untuk Indonesia Kuat” yang diselenggarakan PT. Kalventis dengan menghadirkan narasumber dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). (**)