Jembatan Gantung di Desa Sukaraja Dua OKU Selatan Rusak Parah Lumpuhkan Perekonomian Warga

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Jembatan gantung yang terletak di Desa Sukaraja Dua, Kecamatan Muaradua, kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan rusak berat. Pasalnya pondasi jembatan tersebut saat ini ambruk pasca diterjang arus Sungai Komering yang meluap.

Selain itu, ambruknya pondasi jembatan ini juga disebabkan abrasi air yang dimakan usia karena dibangun sejak puluhan tahun lalu.

Jembatan ini digunakan masyarakat setempat sebagai sarana penghubung dari desa menuju ibu kota kabupaten. Masyarakat Desa Sukaraja Dua mengandalkan jabatan ini untuk transportasi keseharian termasuk untuk mengangkut hasil pertanian.

Baca Juga :  Kunjungi Muara Enim Tinjau Jembatan Gantung Desa Ujan Mas

Kepala Desa Sukaraja Dua, Syarnubi saat dikonfirmasi melalui telepon seluler mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi pada Senin (25/07/2022) sekira pukul 06:45 WIB tersebut.

Namun dampaknya, masyarakat dua desa yang melalui jembatan ini tak bisa beraktivitas. Kedua desa tersebut yakni Desa Sukaraja Dua dan Desa Gedung Lepihan.

“Jembatan gantung yang membentang di atas sungai Komering ini merupakan jembatan utama menuju desa Sukaraja Dua yang digunakan masyarakat untuk mengangkut hasil panen dan transportasi sehari-hari. Termasuk warga Desa Gedung Lepihan juga menggunakan jembatan ini,” jelasnya Senin (25/07/2022).

Baca Juga :  Tak Hanya Warga, Seorang Anggota DPRD dan Dosen Unipas Juga Terjaring Operasi Razia Masker

Lebih lanjut Kepala Desa mengatakan, sebelum ambruknya pondasi jembatan itu, kondisi jembatan sudah sangat memprihatikan. Ditambah tingginya intensitas curah hujan yang menyebabkan meluapnya air sehingga memicu ambruknya pondasi jembatan.

Upaya pemerintah desa untuk mempertahankan daya guna jembatan telah dilakukan pada tahun 2018 dengan melakukan renovasi melalui anggaran dana desa.

“Pada tahun 2018 yang lalu pernah di rehab melalui anggaran dana desa”, ungkapnya

Baca Juga :  Ketua Forum Silaturahmi Ikatan Remaja Masjid Kabupaten OKU Selatan Tolak People Power

Ia dan warga desa Sukaraja Dua meminta Pemkab OKU Selatan untuk segera melakukan perbaikan agar masyarakat dapat melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya.

Sambil menunggu perbaikan, mereka meminta pemerintah setempat memberikan solusi agar perekonomian masyarakat tidak lumpuh berkepanjangan.

“Kami masyarakat di desa ini berharap kepada Pemkab OKU Selatan melalui dinas terkait supaya bisa cepat merespon serta memberi alternatif khusus untuk penyeberangan di Sungai Komering ini, agar pusat perekonomian bisa pulih kembali,” harapnya. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini