Jelang Tahun Baru Islam, Kondisi Pasokan Pangan di Pasar Bogor Terpantau Stabil

Jakarta, wartaterkini.news–Badan Pangan Nasional (Bapanas) memastikan kondisi pasokan dan harga pangan di sejumlah pasar tradisional dan ritel modern stabil jelang peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriah yang jatuh pada Minggu (7/7/2024).

Hal itu disampaikan oleh Direktur Pengawasan Standar Keamanan dan Mutu Pangan Bapanas Anas Yalitoba di Pasar Suryakencana Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada Kamis (4/7/2024).

“Kondisi pasokan dan harga pangan terpantau stabil bahkan cenderung melandai, terima kasih atas semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyediaan pangan khususnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan para pelaku usaha di sektor hulu,” ujar Anas.

Baca Juga :   BNN dan CNB Bangun Kemitraan Strategis Penanganan Narkotika di Asia Tenggara

Berdasarkan pemantauan hari ini, berikut ini harga rata-rata beberapa komoditas pangan:

  1. Beras Medium Rp11.000 per kilogram (kg)
  2. Beras Premium Rp16.000 per kg
  3. Daging Ayam ras Rp36.000 per kg
  4. Daging Sapi Rp150.000 per kg
  5. Minyakita Rp29.000 per 2 liter
  6. Gula Pasir Rp17.000 per kg
  7. Bawang Merah Rp30.000 per kg
  8. Bawang Putih Rp35.000 per kg
  9. Cabai Merah Keriting Rp45.000 per kg
  10. Cabai Rawit Merah Rp50.000 per kg
  11. Ikan Bandeng Rp40.000 per kg
  12. Ikan Kembung Rp40.000 per kg
  13. Ikan Tongkol Rp35.000 per kg

Direktur Bapanas itu mengatakan pemantauan pasar di wilayah Jabodetabek ini sesuai dengan arahan Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi guna memastikan ketersediaan pangan pokok di masyarakat dan menjaga harga nya tetap stabil.

Baca Juga :   Humas Pemerintah Didorong Tingkatkan Kolaborasi dan Bangun Relasi

“Sesuai arahan Kepala Badan Pangan Nasional kami melakukan pengawasan setiap saat di wilayah Jabodetabek, dan juga tentunya bersama pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia kita gencarkan Gerakan Pangan Murah. Kita pastikan adanya ketersediaan pangan pokok itu penting, dan stabilitasnya terjaga,” ujar Anas.

Salah satu pedagang beras Ahmad mengaku tidak ada kendala menghadapi Tahun Baru Islam kali ini, bahan pangan mudah didapatkan dan harganya stabil sehingga tidak menyulitkan dalam hal memperdagangkannya. Sebagian besar bahan pangan di Pasar Bogor dipasok dari daerah Bogor dan sekitarnya.

“Stok sih aman, harga agak naik sekarang. Kalau beras medium kebanyakan untuk dikonsumsi, kalau premium kebanyakan untuk dijual lagi. Utamanya stok aman, pembelian stabil,” ungkap Ahmad.

Baca Juga :   BNPT Ajak Polda Sumut Sinergi Jaga Generasi Muda dari Ideologi Kekerasan

Pada kesempatan ini Bapanas juga memastikan bahan pangan yang beredar di Pasar Bogor aman, bebas dari cemaran zat berbahaya melalui Mobil laboratorium. Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara Bapanas dengan Dinas Pangan daerah.  (**)