banner 728x250

Jelang Pemilu, Disdukcapil OKU Selatan Pasilitas Perekaman e-KTP Pemilih Pemula

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggenjot perekaman KTP elektronik (e-KTP) untuk pemilih pemula menjelang Pemilu 2024.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten OKU Selatan, Alfian Andriyanto mengatakan, untuk mensukseskan pemilu serentak tahun 2024, pihaknya menggenjot perekaman e-KTP elektronik bagi siswa SMA dan SMK di OKU Selatan, mengingat Pemilu 2024 tinggal beberapa bulan lagi.

“Upaya ini kita lakukan untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 dan memfasilitasi hak suara pemilih pemula yang akan menyalurkan hak suaranya,” kata Alfian Andriyanto Kepala Dinas Dukcapil. Rabu (01/11/2023)

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk menggenjot perekaman e-KTP, pihaknya terus melakukan upaya perekaman dengan jemput bola, terutama wajib KTP pemula, serta menerbitkan e-KTP bagi pemilih pemula yang pada hari pemilihan sudah berusia 17 tahun.

“Selain ke sekolah kami juga melakukan perekaman e-KTP secara door to door dari desa ke desa yang ada di 19 kecamatan dalam wilayah kabupaten OKU Selatan,” jelasnya

Baca Juga :   Resmi Jadi Bupati OKI, Djafar Shodiq Fokus Kawal Pemilu Damai Hingga Jaga Harga Pangan

Dikatakan Alfian, terhitung sejak bulan Januari hingga Oktober 2023 tercatat sebanyak 6.969 jiwa yang melakukan perekaman e-KTP. Dari jumlah tersebut terdapat 1.404 jiwa pemilih pemula.

“Disisi lain terdapat 315 pelajar atau pemilih pemula yang sudah melakukan perekaman e-KTP, namun belum bisa dicetak e-KTP nya mengingat usia mereka belum genap 17 tahun,” jelasnya

Untuk diketahui saat ini, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di kabupaten OKU Selatan tercatat sebanyak 309.699 jiwa dengan rincian DPT Laki-laki 160.300 jiwa dan jumlah DPT perempuan sebanyak 149.399 jiwa. (Red)