Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Palas Segera Buka Rekrutmen Panwascam Serentak

Padang Lawas Sumut, wartaterkini.news– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Padang Lawas (Palas) segera membuka pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam). Total kebutuhannya mencapai 48 orang. Pendaftaran dimulai 21 sampai 27 September.

Rekrutmen Panwascam dibuka menyusul turunnya Keputusan Ketua Bawaslu RI tentang pedoman pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk Pemilihan Umum 2024.

”Saat ini kami sudah mulai melakukan sosialisasi,” kata Ketua Bawaslu Palas Rahmat Efendi Siregar yang biasa dipanggil RE, Senin (12/09/2022).

Baca Juga :  Camat Kisam Tinggi Distribusikan 19.310 Kg Beras Program Social Safety Net Pemda OKU Selatan

Pendaftaran panwascam dibuka selama sepekan, yaitu 21–27 September. Pelamar diminta mengisi berkas pendaftaran di kantor Bawaslu. ”Kami buka setiap hari jam kerja pukul 07.00–17.00 WIB,” ucap RE

Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi para peserta. Usia paling rendah 25 tahun. Pendidikan minimal SMA sederajat. Integritas sangat diutamakan. Itu dibuktikan dengan tidak pernah dipidana penjara.

Yang tidak kalah penting, pelamar bukan anggota serta pengurus Partai Politik (Parpol). Sebab, itu bisa memengaruhi independensi petugas dalam pengawasan pemilu. Untuk memastikan tak ada titipan parpol.

Baca Juga :  Atasi Banjir, Pemerintah Desa Sopi dan PT. Windu Lakukan Pembersihan Sungai

Bawaslu akan memelototi rekam jejak seluruh pendaftar. Yang ketahuan terlibat dalam tim sukses atau tim kampanye menjadi catatan panitia seleksi. ”Dalam proses ini, kami akan cek keanggotaan parpol pada sistem keanggotaan parpol,” jelas Rahmat

Komisioner Divisi Hukum, Penyelesaian Sengketa Bawaslu Palas Rafles Purba, SH bersama Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar lembaga Ahmad Faisal Nasution menambahkan, dalam proses Rekrutmen Panwascam, masyarakat bisa memberikan masukan. Misalnya apakah yang bersangkutan pernah terlibat dalam tim pemenangan salah satu calon dalam berbagai kontestasi politik. (Edi/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini