Jelang Idul Adha, Pertamina Regional Sumbagut Jamin Distribusi dan Stok LPG Aman di Aceh

Jakarta, wartaterkini.news–Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) menjamin stok LPG dalam keadaan aman dan tersedia di Aceh.

Hal itu diungkapkan Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria pada Kamis (13/6/2024).

“Kami menjamin distribusi dan stok LPG dalam kondisi aman di Aceh. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Idul Adha, Pertamina Patra Niaga juga telah menyiapkan penguatan stok LPG 3 kg sebanyak 147.840 tabung atau 444 Metrik Ton (MT) di Aceh,” ujar Satria dikutip dari siaran pers Pertamina yang dilansir dari InfoPublik pada Minggu (16/6/2024).

Satria menjelaskan, penguatan stok LPG itu dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan LPG 3 kg masyarakat pada masa Idul Adha yang juga bertepatan dengan akhir pekan (libur panjang).

Baca Juga :   Cek Persiapan Mudik di Merak, Menko PMK Minta Fasilitas Penunjang Ditambah

Penguatan stok LPG di Aceh akan dilaksanakan selama masa Hari Raya Idul Adha dan libur panjang yang terdapat pada Bulan Juni 2024.

Satria juga mengimbau masyarakat untuk membeli LPG 3 kg di pangkalan resmi Pertamina agar bisa mendapat harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah setempat.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk bijak dalam menggunakan LPG 3 kg dengan tidak menimbun dan menjual kembali LPG 3 kg yang juga merupakan barang bersubsidi.

“Kami mengimbau masyarakat bijak dalam menggunakan LPG 3 kg dengan tidak menimbun dan menjual kembali LPG 3 kg yang notabene barang bersubsidi,” ujar Satria.

Perlu diketahui, terdapat beberapa usaha yang dilarang untuk menggunakan LPG bersubsidi seperti yang tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Migas No. B-2461/MG.05/DJM/2022.

Baca Juga :   Pj Bupati Pamekasan Bagikan 8 Ton Beras Murah kepada Warga

Beberapa usaha yang dilarang menggunakan LPG 3 kg antara lain hotel, restoran, usaha penatu, peternakan, tani tembakau, batik, usaha jasa las dan lain-lain.

Selain memastikan ketersediaan LPG 3 kg, kata Satria, pihaknya juga menjamin ketersediaan LPG non subsidi yaitu Bright Gas tersedia di lapangan baik di pangkalan maupun outlet yang tentunya mudah di akses masyarakat.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menambahkan, momentum Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul adha 2024, Pertamina pastikan ketersediaan LPG di seluruh wilayah Indonesia, termasuk wilayah Aceh dan sekitarnya memenuhi kebutuhan masyarakat lokal.

Bagi pelanggan setia Pertamina yang membutuhkan informasi terkait produk dari Pertamina dapat mengakses web MyPertamina dan dapat memanfaatkan layanan Pertamina Call Center di nomor 135.

Baca Juga :   Polda Jatim Minta Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Terhadap Paham Radikal dan Terorisme

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (**)