banner 728x250

Inspirasi Generasi Muda Dalam Lestarikan Budaya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan PALI Gelar Pentas Lomba Cerita Rakyat

Foto: Diskominfo Pali

PALI Sumsel, wartaterkini.news–Untuk melestarikan serta Mencintai Seni dan Budaya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, menggelar Pagelaran Seni Pentas Cerita.

Kegiatan ini bertempat di Aula Hotel Nurtania Kecamatan Talang Ubi, dan dibuka langsung oleh Drs Supawi MT Kadin Perpustakaan dan Kearsipan, Senin (05/3/2024).

Drs Supawi MT Kadispusip, kegiatan ini guna untuk melestarikan dan mencintai Seni dan Budaya yang ada di kabupaten PALI.

Baca Juga :   Galanggang Arang 2024, Dorong Partisipasi Generasi Muda Merawat Warisan Dunia

Peserta hanya untuk Siswa tingkat SD, MI, SMP dan MTS, bagi Pemenang Pagelaran ini, akan diikutsertakan lomba di tingkat Provinsi nantinya.

Ia menuturkan peserta yang ikut lomba ini, bisa menceritakan tempat asal usul mereka tinggal, serta melestarikan seni dan budaya nya.

Sementara itu Bobby Kabid Perpustakaan, mengungkapkan Peserta silakan mengeksplor, cerita tentang kebudayaan, dan seni nya masing-masing.

Salah satu contoh Peserta dari SDN 15 Talang Ubi, menceritakan tentang Candi Bumi Ayu di Tanah Abang, sedangkan SMP menceritakan tentang Kain Perawan di Desa Karang Agung Kecamatan Abab.

Baca Juga :   Dirlantas Polda Aceh Cek Pos Pengamanan Operasi Lilin Seulawah 2023 Polres Aceh Timur

Bukan itu saja Siswa SMPN 9 Talang Ubi menceritakan asal mula Talang Subur tentang Gersang menjadi Subur.
Adapun peserta yang ikut berjumlah 37 peserta, bagi peserta yang terbaik nanti akan diikut sertakan untuk lomba tingkat Provinsi.

Ia menambahkan kegiatan ini bisa meningkatkan minat baca siswa, serta bagaimana melestarikan dan mencintai seni serta budaya nya.

“Kami (Panitia) menyiapkan hadiah bagi Pemenang, berupa Uang Pembinaan, Tropi serta Sertifikat, sedangkan Peserta yang hadir kita berikan uang transportasi, ” tutupnya. (Hr/Red)