banner 728x250

Indonesia Tekankan Peranan Penting Menkeu untuk Pencapaian Target NDC

Jakarta, wartaterkini.news–Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bersama Menteri Keuangan Belanda Steven van Weyenberg memimpin Pertemuan ke-11 Coalition of Finance Ministers for Climate Action (CFMCA) atau Koalisi Menteri Keuangan untuk Aksi Iklim pada 17 April 2024 di Washington, D.C., Amerika Serikat.

Menkeu mengatakan bahwa peranan para menteri keuangan sangat penting dalam memenuhi target Nationally Determined Contribution (NDC) setiap negara.

“Bukan hanya kontribusi keuangan, tapi juga partisipasi nyata dalam proses persiapan, revisi dan implementasi NDC, serta dalam mengembangkan kebijakan makroekonomi dan fiskal yang sehat,” terang Menkeu., seperti dilansir dari laman Kemenkeu pada Sabtu (20/4/2024).

Pada pertemuan itu terdapat tiga topik diskusi yang dibahas, yaitu bagaimana mendorong fungsi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam mendukung implementasi NDC, penghapusan subsidi yang merugikan lingkungan secara bertahap, dan mobilisasi pasar global untuk membiayai transisi.

Baca Juga :   KKP Beri Bantuan 1,6 Ton Ikan ke Korban Gempa Sumedang

“Pertemuan ini menjadi wadah yang penting bagi para menteri keuangan untuk dapat berbagi pengalaman dan best practices, termasuk dengan Kementerian Lingkungan Hidup sebagai National Focal Point untuk UNFCCC di negara masing-masing,” tukas Menkeu.