banner 728x250

Indonesia Pastikan tak akan Normalisasi Hubungan Diplomatik dengan Israel

Jakarta, wartaterkini.news–Indonesia tidak akan menormalisasi hubungan diplomatik dengan Israel, meski tekanan beberapa pihak untuk melakukan normalisasi hubungan diplomatik tersebut selalu muncul dari waktu ke waktu.

“Oh, nggak, dari waktu ke waktu selalu ada pihak-pihak yang mengatakan sudah waktunya Indonesia melakukan normalisasi. Buat kita posisi kita jelas seperti yang saya sampaikan,” kata  Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melalui keterangan resmi, Selasa (16/4/2024).

Meski demikian, Retno menilai tekanan untuk menormalisasi hubungan diplomatik dengan Israel itu menjadi hal yang biasa di dunia internasional.

Namun, Retno menegaskan posisi Indonesia saat ini tidak akan melakukan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel.

“Banyak bangetlah, itu biasa di dalam dunia internasional, harapan dan tekanan. Tapi sejauh ini posisi kita tetap no,” tegasnya.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri RI menepis isu Indonesia akan menormalisasi hubungan diplomatik dengan Israel agar bisa diterima sebagai anggota Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD).

Baca Juga :   Pemkot Jaksel Gelar Sosialisasi Peringatan Pekan Imunisasi Dunia

“Saya tegaskan bahwa hingga saat ini, tidak ada rencana untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel, terlebih di tengah situasi kekejaman Israel di Gaza saat ini,” kata Juru Bicara Kemlu RI, Lalu Muhamad Iqbal dalam keterangan resminya, Jumat (12/4/2024).

Iqbal menyatakan, bahwa Indonesia konsisten berada di garis terdepan membela hak-hak bangsa Palestina.

Posisi Indonesia tidak berubah dan tetap kokoh mendukung kemerdekaan Palestina dalam kerangka solusi dua negara. (*)