banner 728x250

HUT ke-62 Satpol PP dan Satlinmas, Komitmen Jaga Ketenteraman dan Perlindungan Warga

Jakarta, wartaterkini.news–Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan HUT ke-62 Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) DKI Jakarta diharapkan mampu untuk terus menjaga ketentraman, ketertiban, dan perlindungan kepada Masyarakat di Jakarta.

Hal itu disampaikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat memimpin upacara peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, pada Jumat (17/5/2024).

Heru mengapresiasi kinerja Satpol PP dan Satlinmas yang menjalankan tugas dengan baik dalam menjaga ketenteraman, ketertiban, dan melindungi warga Jakarta.

Baca Juga :   Kemenaker dan Stakeholders Komitmen Beri Perlindungan bagi Tenaga Kerja Asing

“Keberhasilan seluruh tahapan pemilihan presiden, wakil presiden (wapres), dan pemilihan legislatif yang telah berlangsung dengan aman, tertib, dan damai adalah wujud kerja keras Satpol PP bersama seluruh jajaran penyelenggara pemilu, TNI/Polri, perangkat daerah, dan elemen organisasi masyarakat,” ujarnya dikutip dari siaran pers Pemprov DKI Jakarta, Jumat (17/5/2024).

Ia menyampaikan bahwa Sinergi itu harus dipertahankan, terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar November 2024 mendatang. Satpol PP dan Linmas diharapkan terus berinovasi dan turut berperan dalam transformasi Kota Jakarta sebagai pusat kegiatan bisnis berskala global yang tenteram dan kondusif.

Ia juga meminta Satpol PP dan Satlinmas agar terus meningkatkan keterlibatan masyarakat melalui berbagai program, sehingga warga Jakarta dapat aktif dalam menjaga ketenteraman dan ketertiban kota.

Baca Juga :   World Water Forum 2024 Bermanfaat Besar bagi Keberlanjutan Sektor Parekraf

”Termasuk pada bulan ini sampai Juni, Pemprov DKI Jakarta melakukan penertiban administrasi kependudukan. Saya harap Satpol PP dapat juga aktif membantu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta. Sehingga masyarakat bisa melaksanakan administrasi kependudukan, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang (UU) atau Peraturan Pemerintah (PP), serta  keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” ujarnya.

Kemudian ia juga mengajak kepada seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas agar dapat memahami substansi UU tentang Daerah Khusus Jakarta (DKJ) supaya dapat memberikan pengarahan kepada masyarakat dalam rangka transformasi Kota Jakarta menuju Kota Global.

Baca Juga :   Komitmen Percepatan Pencegahan dan Penurunan Stunting, Sejumlah OPD di PALI Gelar Rembuk Stunting

Satpol PP DKI Jakarta telah melakukan berbagai upaya untuk mengayomi masyarakat, seperti membentuk Duta Ketenteraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) di tingkat sekolah, hingga tingkat RT dan RW agar masyarakat peduli trantibum. (**)