banner 728x250

Hingga Kini Kades Cendana Goib, Bupati Morotai Akan Tunjuk Pj Kades Duduki Kursi Kosong

Bupati Morotai, Muhammad Umar Ali

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news – Keberadaan Kepala Desa (Kades) Cendana, Kecamatan Morotai Jaya, Delfis Tenang Pasca Pemilu 14 Februari 2024 hingga saat ini tidak diketahui keberadaanya alias ‘Goib’.

Alhasilnya, Buapti Morotai Muhammad Umar Ali akan mengambil tindakan dengan menunjuk langsung Pelaksana Tugas Harian (Plh) atau Penjabat (Pj) Kepala Desa Cendana guna menduduki kursi kosong di Pemerintahan Desa Cendana.

“Sebenarnya hari ini sudah saya kumpul untuk rapat, namun lagi-lagi fakultatif karena hari pertama libur puasa, kami sudah ambil BAP, nanti sehari dua hari, kalau memang Kades tidak masuk lagi, kami akan tunjuk langsung Plh atau Pj Kades di Desa Cendana,” bebernya saat di temui wartawan, rabu (13/03/2024)

Baca Juga :   Bau Korupsi, Nakes Puskesmas Daruba Morotai Ungkap Dana BOK 2023

Menurutnya, pihaknya telah menginstruksikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), untuk mengisi kekosongan kursi Kades Cendana.

Ia pun mengaku kewelahan dengan kehadiran Kades Cendana yang sampai saat ini tidak diketahui.

“Keberadaan Kades sampai hari ini belum di ketahui, kami juga kewalahan, bukan hanya dari kami saja, dari Bawaslu atau GAKKUMDU juga kewalahan karena keberadaannya belum di ketahui,” tuturnya

Bahkan ia menegaskan, Pemerintah Daerah (Pemda) Morotai tidak akan diam dengan keberadaan Kades Cendana yang belum diketahui.

Baca Juga :   Pertumbuhan Ekonomi Sumsel 2023 Tertinggi Kedua di Pulau Sumatra

“Kami sudah BAP beberapa orang, nanti di akhir baru kita putuskan, yang jelas versi dari Bawaslu dan dari kami juga tersendiri. Namun kami Pemda tidak akan diam dengan keberadaan Kades yang belum diketahui,” tegasnya ketika ditemui pada ruang kerjanya

Untuk sementara waktu, lanjut Amat sapaanya, karena keberadaan Kades belum diketahui, maka Sekretaris Desa menjadi pelaksana, misalnya saat ini dalam proses pencairan gaji perangkat desa.

Sekedar diketahui, menghilangnya Kades Cendana setelah Bawaslu maupun Tim GAKKUMDU mulai menyelidiki pelanggaran dugaan Pidana Pemilu sebagai mana bukti video, Kades Cendana menggunakan pakaian dinas dan memerintahkan bawahanya secara terang-terangan untuk memilih dua Partai Politik pada saat apel bersama di Kantor Desa.
(Endi/Red)