HIMAFA FIKES UNIMMA Gelar Seminar Nasional

Pemateri memaparkan materi farmasi dalam Seminar Nasional yang diadakan Himpunan Mahasiswa Farmasi (HIMAFA) Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA). (foto: dok. Humas UNIMMA/Kelana)

Kota Magelang Jateng, wartaterkini.newsHimpunan Mahasiswa Farmasi (HIMAFA) Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menggelar Seminar Nasional dengan tema “The Role of Pharmaceutical Care and Herbal Medicine for Depression and Anxiety”. Kegiatan dilaksanakan di Auditorium Kampus 1 UNIMMA pada Sabtu (25/02/2023) lalu.

Acara disiarkan langsung pula melalui Zoom Meeting dan diikuti oleh seluruh mahasiswa program studi Farmasi UNIMMA, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) PC Kota Magelang, PAFI PC Kabupaten Magelang dan beberapa stakeholder FIKES UNIMMA.

Seminar dibuka secara resmi oleh Dekan Fikes, Dr. Heni Setyowati E.R., S.Kp., M.Kes. Dalam sambutannya, Heni menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Dekan pun berpesan agar HIMAFA dalam program kerjanya selalu menyebarkan hal positif.

“Saya bangga dan terima kasih kepada panitia HIMAFA karena kerja kalian yang sangat bagus. Insya Allah acara ini berjalan dengan sukses. Selalu sebarkan hal-hal yang positif,” tuturnya.

Hadir dalam seminar, tiga narasumber yang mempunyai kepakaran masing-masing dan dimoderatori oleh Apt. Perdana Priya H., M.Pharm. Sci, Dosen Farmasi UNIMMA.

Baca Juga :   PWI OKI Dikukuhkan, Sekda Ajak Perkuat Sinergi

Sebagai pemateri pertama, Praktisi Apoteker Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof. Dr. Soerojo Magelang, Apt. Ishak, M.Clin.Pharm memaparkan terkait Farmakologi Sintesis (Obat Modern) dan tata laksananya. Selain itu, dijelaskan juga tentang peran apoteker dalam praktik asuhan keapotekeran.

Selain Ishak, dua pembicara lain yang tak kalah luar biasa, yaitu Ketua Umum PD PAFI Jawa Tengah, Haris Kintoko, A.Md. Farm., S.Th.i. Juga Ketua Bidang Regulasi, Advokasi dan Kesejahteraan Anggota Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Sleman, Apt. Imron Wahyu Hidayat. M.Sc.

Baca Juga :   PJ Bupati Bekasi Gelar Sosialisasi Perluasan TPAS Burangkeng

Di akhir acara, peserta diajak untuk berdiskusi dan tanya jawab bersama narasumber. (Kelana/Red)