HD Ajak Perguruan Tinggi Jadikan Masyarakat Desa Pelaku Ekonomi Kreatif Melalui Internet

Palembang,wartaterkini.news–Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru menyampaikan harpannya kepada seluruh Perguruan Tinggi di Sumsel yang memiliki jurusan Informatika agar tidak hanya mendidik mahasiswa tetapi juga mampu mengedukasi masyarakat tentang dunia digital dan internet.

Menurut Herman Deru, selain sudah menjadi kebutuhan masyarakat luas, dunia digital dan internet dapat memberikan dampak ekonomi dan komunikasi bagi masyarakat. Sehingga, perguruan tinggi harus mampu mendidik masyarakat mempunyai jiwa entrepreneur agar dapat menjadi pelaku ekonomi kreatif melalui internet.

“Saya mengharapkan kalau ada mahasiswa yang KKN ke desa-desa jangan hanya membangun Gapura saja, tetapi juga mengedukasi masyarakat untuk menjadi bagian dari pelaku ekonomi kreatif dengan internet. Saya menginginkan supaya Sumatera Selatan juga dikenal melalui ekonomi digital,” ungkap Herman Deru.

Baca Juga :  PJ Bupati Mubar Resmi Lantik 29 Pejabat Eselon Dua 

Lebih lanjut ia mengatakan, seiring dengan munculnya dunia maya, ada keinginan dan harapan masyarakat khususnya diwilayah pedesaan bisa menjangkau internet dengan mudah dan murah. Untuk itu, Herman Deru mengharapkan juga dukungan dari provider agar tidak hanya membangun jaringan internet di tempat padat penduduk  saja melainkan keseluruh pelosok desa.

“Banyak provider hanya bangun jaringan internet di tempat padat penduduk saja. Kedepan kita akan minta agar provider membantu  internet bisa dijangkau hingga pelosok-pelosok desa. Bantu kami bagaimana masyarakat bisa berinternet dengan mudah,” ujarnya.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumsel Herman Deru saat membuka musyawarah nasional V Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM) Indonesia dan seminar nasional teknologi dan komunikasi diselenggarakan Universitas Bina Darma di Ballroom Hoten Aryaduta Palembang, (18/10/2018).

Baca Juga :  Pedagang Kaki Lima Pasrah Saat di Tertipkan Oleh Sat Pol-PP OKU Selatan

Hadir dalam kesempatan ini Rektor Universitas Bina Darma Sunda Ariana, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Drs H Widodo MPd, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik (PIP) Diskominfo Sumsel, Amrullah, S.STP, M.Si, serta ratusan peserta munas dari APTIKOM se-Indonesia.

Dalam Sambutannya Gubernur Herman Deru menyampaikan apresiasi kepada Universitas Bina Darma yang telah menjadi tuan rumah penyelenggaraan musyawarah nasional V APTIKOM Indonesia dan seminar nasional teknologi dan komunikasi.

“Sebagai Gubernur saya bangga salah satu universitas di Sumsel ini menjadi tuan rumah munas APTIKOM Indonesia. Saya bangga kepada panitia, saya bangga kepada Universitas Bina Darma,” kata Herman Deru

Baca Juga :  100 KPM Desa Plampangrejo Terima Bantuan Sembako APBD Kabupaten Banyuwangi

Sementara itu, Rektor Universitas Bina Darma Sunda Ariana mengatakan, Universitas Bina Darma mendapat kehormatan sebagai tuan rumah seminar nasional APTIKOM Indonesia setelah cukup lama terlibat dalam APTIKOM dalam sekala nasional dan internasional. Melalui munas yang digelar diharapkan dapat terjalin kerjasama yang kuat antar perguruan tinggi dan pemerintah yang akan mendukung sinergitas di semua bidang untuk tercapainya sasaran pembangunan Indonesia.

“Munas kali ini mengambil tema  “Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Revolusi Industri 4.0 dan Teknologi Disruptif Melalui Inovasi Industri Kreatif Berbasis TIK”. Berbagai kegiatan dilakukan diantaranya seminar nasional Semnastik – Call For Paper, berbagi informasi, klinik dri berbagai ahli Informatika dan  pemilihan ketum Aptikom,” pungkasnya.(Ad/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini