banner 728x250

Haul Simbah Kiai Kandri di Bajarsari Windusari Berlangsung Khidmat

Anggota Koramil 04/Windusari Kodim 0705/Magelang hadir dalam acara Haul Simbah Kiai Kandri di Dusun Kandren, Desa Banjarsari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Selasa (28/02/2023). (foto: Kelana)

Magelang Jateng, wartaterkini.newsKegiatan rutin kegiatan keagamaan masih dilestarikan di Dusun Kandren, Desa Banjarsari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Salah satunya adalah kegiatan haul Simbah Kiai Kandri yang dimakamkan di dusun tersebut.

Haul Simbah Kiai Kandri dilakukan oleh masyarakat Dusun Kandri sebagai penghormatan dan memanjatkan doa untuk almarhum Simbah Kiai Kandri yang menjadi “pepunden” (leluhur yang sangat dihormati). Di mana nama almarhum yang merupakan cikal-bakal warga setempat diabadikan sebagai nama dusun itu, yaitu Dusun Kandren, dari kata Kandri.

Haul di tahun ini dilaksanakan warga Dusun Kandren pada Selasa (28/02/2023). Selain doa bersama seluruh warga, juga digelar Pengajian dengan menghadirkan penceramah Gus Fauzan, Pengurus Pondok Pesantren Sempu, Secang, Kabupaten Magelang.

Baca Juga :   2024, SKK Migas Targetkan Investasi Senilai 1,8 Miliar Dolar AS

Dalam acara tersebut hadir Camat Windusari Drs. Titok Lestianto, M.M. beserta staf, Kapolsek Windusari AKP Sutarman, S.H., Danramil 04/Windusari diwakili Serma Mustofa, Kepala Desa Banjarsari Suryono beserta perangkat. Serta Pengurus NU Banjarsari Kiai Isroil, tokoh agama Kiai Abdul Rohim, dan masyarakat Dusun Kandren.

Mewakili jajaran Forkopimcam, Camat Windusari Drs. Titok Lestianto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Dusun Kandren yang tetap melestarikan kegiatan Haul Simbah Kiai Kandri. Dikatakan, kegiatan keagamaan ini selain sebagai sikap birul walidain, juga sebagai ajang silaturahim antarwarga.

Baca Juga :   Menkominfo Dorong Kolaborasi untuk Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045

“Setidaknya ini menjadi tradisi lokal yang harus dilestarikan. Silaturahmi adalah anjuran agama, maka melestarikan tradisi haul ini juga termasuk melestarikan silaturahmi. Semoga kita semua mendapat barakah dari kegiatan Haul Simbah Kiai Kandri ini,” ucap Camat Windusari.

Usai kegiatan Pengajian, mewakili Danramil 04/Windusari, Serma Mustofa mengatakan kegiatan tradisi masyarakat Dusun Kandren dalam menghormati serta mendoakan leluhur adalah contoh baik untuk generasi selanjutnya. Hal inilah yang perlu dilestarikan, selain mempererat silaturahmi juga menguatkan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat.

“Karena kegiatan Pengajian ini tentu didasari rasa persatuan dan kesatuan masyarakat Dusun Kandren. Kami pihak Koramil 04/Windusari Kodim 0705/Magelang selalu hadir dalam kegiatan di masyarakat, seperti di acara Haul Simbah Kiai Kandri ini,” kata Serma Mustofa. (Kelana/Red)