Rabu, Juni 29, 2022
Google search engine
BerandaBeritaHasilkan SDM Morowali Unggul, Seleksi CAT Vokasi Setara D-1 Industri Resmi di...

Hasilkan SDM Morowali Unggul, Seleksi CAT Vokasi Setara D-1 Industri Resmi di Gelar

Morowali Sulteng, wartaterkini.news – Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali melalui Dinas Pendidikan Daerah menggelar Seleksi Computer Assisted Test bagi peserta Pendidikan Vokasi Setara D-1 Industri Kementerian Perindustrian RI, yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi. Seleksi CAT dilaksanakan di Ruangan SMAN 1 Bungku Tengah, Kelurahan Mendui, Kec. Bungku Tengah, Selasa (21/06/22).

Seleksi ini secara resmi dibuka oleh Pj. Sekretaris Daerah Morowali Drs. Yusman Mahbub, M.Si. Turut menghadiri Kadis Pendidikan Daerah Amir Aminudin, S.Pd., M.Pd., Kadis Kominfo Daerah Bachtiar Peohoa, S.T., Kadis Transnaker Daerah Drs. Abd. Rahman Toppo, Kadis Perindag Daerah Zaenal, S.E., M.M., Kadis Dispora Daerah Drs. Moh. Adzan Dirimu, beserta Jajaran Pemda Morowali.

Baca Juga :  Kapolres Magelang Teken MoU Dengan Badan Usaha Jasa Pengamanan

Pj.Sekda Morowali Drs. Yusman Mahbub M.Si., mengungkapkan bahwa Morowali merupakan salah satu daerah kawasan industri terbesar di Indonesia, dan menjadi ujung tombak pembangunan di Sulawesi Tengah. Hal tersebut menjadi alasan Morowali untuk terus melakukan inovasi dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang unggul menuju Morowali Sejahtera Bersama.

“ Salah satu Kabupaten yang diakui dan mengangkat nama Provinsi Sulawesi Tengah di Indonesia adalah Kabupaten Morowali. Morowali saat ini, sangat berperan besar dalam pembangunan di Sulawesi Tengah. Hal ini dikarenakan Morowali memiliki potensi di bidang industri, yaitu Kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) yang juga merupakan objek vital nasional. ” Ungkap Pj. Sekda Morowali.

Baca Juga :  Presiden: APBN Harus Digunakan untuk Kepentingan Rakyat

Lanjut, Yusman menuturkan Salah satu perjanjian utama Pemerintah Daerah dan PT. IMIP adalah merekrut seluruh tenaga kerja lokal dengan catatan harus memiliki skill. Sebagai salah satu program nasional keberadaan industri di Morowali ini, diharapkan melibatkan tenaga kerja lokal.

“ Perjanjian utama Pemerintah Daerah Morowali dengan PT.IMIP adalah merekrut seluruh tenaga kerja lokal dengan catatan harus memiliki keterampilan. Fakta bahwa penerimaan tenaga kerja di daerah pada saat ini didominasi oleh tenaga kerja asing dan luar daerah. Mengapa? karena kurangnya SDM kita yang siap pakai. Oleh karena itu, peningkatan SDM ini disiapkan untuk menyambut kawasan industri yang lebih besar lagi di Kabupaten Morowali.

Baca Juga :  Perkecil Ketimpangan Antar Daerah, PUPR Fokus Infrastruktur Lima KSPN Prioritas

Menurutnya, Keberadaan industri di Kabupaten Morowali membawa manfaat besar bagi pemerintah daerah dan Masyarakat Morowali dalam peningkatan ekonomi, penurunan kemiskinan serta pembangunan di Sulawesi Tengah. “Morowali untuk Indonesia”.

“ Pemda juga menjalin kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia dalam rangka peningkatan sumber daya manusia yang terkait dengan Tri Dharma perguruan tinggi meliputi; pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.” Pungkasnya.

Besar harapan Kami, Pemerintah Daerah Morowali kepada seluruh peserta yang mengikuti seleksi hari ini, semoga dapat menghasilkan tenaga kerja yang produktif dan kompeten.(MA/Red).

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Covid-19 Counter

Indonesia
6,080,451
Total Kasus
Updated on 27 June, 2022 1:25 am

Paling Populer

Headline News