banner 728x250

Harga Sejumlah Bahan Pokok Makanan di OKU Selatan Bergerak Naik Jelang Ramadhan

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Harga sejumlah komoditas bahan pokok di Pasar Tradisional Saka Selabung Kabupaten OKU Selatan alami kenaikan jelang bulan suci ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi. Sabtu (09/04/2024)

Sejumlah bahan pokok yang mengalami kenaikan harga diantaranya, cabe keriting, cabe rawit, bawang merah, bawang putih dan minyak goreng.

Salah seorang pedagang sayuran Susi Hera mengatakan kenaikan harga sejumlah bahan pokok makan ini terjadi sejak tiga hari terakhir. Kenaikan harga bahan pokok seperti telur ayam yang awalnya seharga Rp 53.000 kini menjadi Rp 58.000 per karpet.

Baca Juga :   Datangi TPS, Bupati dan Ketua TP-PKK OKU Selatan Salurkan Hak Suara 

Sedangkan untuk harga bawang merah, sebelumnya diharga Rp 28.000 menjadi Rp 32.000 per kilo. “Begitu juga dengan harga bawang putih, yang sebelumnya di harga Rp 35.000 menjadi Rp 38.000 per kilo,” jelasnya

Tak hanya itu tambahnya, untuk kenaikan harga yang paling tinggi terjadi pada bahan pokok seperti cabai rawit dan cabai keriting. Kenaikan harga berkisar 20.000 rupiah per kilonya.

“Sebelumnya harga cabai merah keriting berkisaran Rp 60.000 per kilo menjadi Rp 80.000 per kilo, sedangkan cabe rawit semula Rp 40.000 menjadi Rp 60.000 per kilo,” jelasnya

Baca Juga :   Selama Tahun 2023, Kejari OKU Selatan Vonis II Terpidana Korupsi dan Hukum Berat Pelaku Asusila 

Hal senada juga diungkapkan Eva Mala pedang manisan di Pasar Tradisional Saka Selabung, ia mengatakan kenaikan harga di sejumlah bahan pokok makan ini terjadi sejak tiga hari terakhir.

Kenaikan harga ini juga terjadi pada bahan pokok makan seperti, gula minyak dan gandum. Kenaikan harga berkisar Rp 1000 per kilonya. “Untuk minyak goreng yang sebelumnya di harga Rp 15.000 menjadi Rp 16.000 per liter,” jelasnya

Dikatakannya juga, kenaikan harga pada sejumlah bahan pokok makan menjelang bulan suci ramadhan ini, menjadi siklus sejak puluhan tahun terakhir, dimana kenaikan harga akan terjadi menjelang bulan suci Ramadhan.

Baca Juga :   Modus Baru Pemotongan Dana BLT di Desa Suka Negri OKU Selatan, Penerima Wajib Setor Materai

“Sudah bisa kita pastikan, setiap menjelang bulan suci ramadhan sejumlah bahan pokok makan mengalami kenaikan harga,” tandasnya (Red)