Haerul Sulaiman “Dana Desa Harus Direalisasikan Secara Transparan”

KAYUAGUNG OKI,wartaterkini.news – Desa Sumber Hidup Kecamatan Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan terus mengalami perubahan cukup drastis, baik infrastruktur pedesaan maupun lainnya, sehingga semakin lebih maju dari sebelumnya.

Hal tersebut bisa terjadi karena pemerintah desa, dalam hal ini kepala desa (kades) selaku pemegang amanah selalu mengedepankan pembangunan yang memiliki peranan penting demi mempercepat peningkatan perekonomian masyarakat serta kemajuan desanya.

Baca Juga :  Amankan Pelantikan Kepala Desa, Polres Pamekasan Siapkan Ratusan Personil Gabungan

Terbukti, dalam memanfaatkan dana desa (DD) dan anggaran dana desa (ADD) tahun 2018 yang diterima oleh pemerintah desa setempat, direalisasikan sesuai usulan dari masyarakat yang disampaikan atau diajukan dalam musrenbang desa, serta diputuskan secara bersama – sama.

Namun semua itu, meski dilakukan secara transparan dan pengerjaannya melibatkan masyarakat setempat, tentunya juga tak terlepas dari pengawasan serta pembinaan, baik dari pendamping desa maupun tim verifikasi tripika Kecamatan Pedamaran Timur.

Baca Juga :  Kepala Desa Tiongkok Kecamatan Pajarbulan: Realisasi Dana Desa Selesai 100%

Oleh karena itu, mengingat saat ini DD tahap II dan ADD telah 100 persen diterima dan direalisasikan pemerintah desa untuk membangun siring saluran air jalan dusun, perehaban kantor desa serta beberapa pembangunan lainnya. Maka tim verifikasi tripika kecamatan melakukan pengecekan.

“Kegiatan hari ini, desa kami kedatangan tamu tim verifikasi tripika Kecamatan Pedamaran Timur untuk melakukan pembinaan atau memeriksa hasil pembangunan DD tahap II dan ADD 100 persen, dilakukan secara berkala atau dicek satu persatu,” ungkap Kades Sumber Hidup, Haerul Sulaiman.

Baca Juga :  Temui Kapolres Gowa, Ketua APDESI Minta Polres Gowa Kawal Dana Desa

Selain itu tadi sudah mereka periksa semua, lanjut kades, apa yang telah kita bangun ini memang sangat prioritas serta hasil usulan masyarakat pada musrenbang Desa.

“Karena dana yang diterima harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, direalisasikan secara transparan, bahkan masyarakat juga turut dilibatkan dalam pengerjaannya,” tegasnya. (Fitriyani, SH/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini