banner 728x250

Hadiri Tasyakuran Sedekah Adat di Desa Benakat Minyak,Ini Pesan Wabup PALI

module: j; hw-remosaic: 0; touch: (0.340625, 0.340625); modeInfo: ; sceneMode: Auto; cct_value: 0; AI_Scene: (-1, -1); aec_lux: 193.57513; hist255: 0.0; hist252~255: 0.0; hist0~15: 0.0;

PALI Sumsel,Wartaterkini.news–Pemerintah Desa (Pemdes) Benakat Minyak Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Tasyakuran Sedekah Adat atau Panen Raya Hasil Bumi. Bertempat di Lapangan Bola kaki Desa Benakat Minyak Kecamatan Talang Ubi. Pada Selasa (11/6) acara dimulai pukul 09.31 Waktu Indonesia Barat (WIB) Sampai dengan selesai.

 

Perlu diketahui, acara sedekah adat tersebut dimeriahkan Kesenian jaranan Sekar Arum Desa Benakat Minyak Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI dan dihadiri langsung Wakil Bupati PALI Drs,H Soemarjono.

 

Pada Kesempatan itu,Wabup PALI Drs. H. Soemarjono mengutarakan mengajak masyarakat untuk selalu tidak lupa bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT).

Baca Juga :   Pimpin Apel Pagi, Kalapas Pamekasan Berpesan jauhi Narkoba dan Maksimalkan pelayanan

 

“Karena apa, hakikat dalam pelaksanaannya sedekah bumi rasa syukur masyarakat setahun yang lalu Allah telah memberikan begitu banyak nikmat kepada kita,” ujar Pakde nama akrab sapannya.

 

Lebih lanjut dikatakan Wabup PALI, inilah yang harus didukung oleh semua pihak.

“Khusus untuk kesenian saya senang, gembira dan bahagia. Saya juga berpesan untuk dikembangkan. Telong jangan lupa bahwa kesenian ini bentuk, cerminan prestasi atau kegembiraan masyarakat,” imbuhnya.

 

Masih dikatakan Drs. H. Soemarjono, tolong jangan lupa rambu-rambu kaidah agama, adat dan sebagainya.

 

“Perlu saya katakan, kesenian seperti ini boleh berkembang dengan tapi jangan sampai bertentangan dengan agama. Misalnya, tadi saya katakan kembangkan PALI nya, kembangkan seni suaranya, keindahan yang khusus. Tapi bukan yang dikembangkan mohon ma’af, bukan makan belingnya,” pesannya.

Baca Juga :   Wabup PALI Soemarjono Hadiri Penutupan TMMD Ke-120 Kodim 0404/Muara Enim

 

Ditempat yang sama, Edi Suprapto Kepala Desa (Kades) Benakat Minyak mengatakan sedekah bumi ini rasa syukur masyakarat atas mendapat padi.

 

“Warga kami pandai mengucapkan terima kasih khususnya Desa Benakat Minyak, mana yang diberikan oleh tuhan hasil yang dinikmati seperti petani karet kita yang ada yang ada di Desa Benakat Minyak,” ungkapnya.

 

“Harapan kami terkhusus dari Dinas Pertanian bahkan kepemerintahan dari DPRD maupun Bupati Kabupaten PALI keterbenturan kami istilahnya lahan ketahanan pangan itu jika dengan banyaknya jumlah penduduk untuk mendukung keseharian belum mencukupi,” harap Kades Benakat Minyak.

Baca Juga :   Jelang idul fitri, Kakanwil jatim lakukan sidak kesiapan pengamanan Lapas Pamekasan

 

Kades Benakat Minyak berharap kepada Pemerintah Kabupaten PALI kalau bisa dibantu untuk memperluas lagi petak sawah.

Ditanya selain petak sawah Edi Suprapto juga menuturkan “Sepertinya kita disini ada dari sawah, ada juga dari perkebunan.” Jelasnya.(Hr/Red)