banner 728x250

Hadiri Pelantikan, Kapolres OKU Selatan Ingatkan PPS Untuk Tolak Intervensi

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan melantik 777 Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pilkada 2024 yang berlangsung di gedung Kesenian kecamatan Muaradua, Kabupaten OKU Selatan. Minggu (26/05/2024).

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota PPS ini dihadiri oleh Ketua KPU OKU Selatan, Kapolres OKU Selatan, Kajari OKU Selatan, Dandim 0403 OKU, Kaban Kesbangpol OKU Selatan dan undangan lainnya.

Kapolres OKU Selatan, AKBP Listiyono Dwi Nugroho, dalam sambutannya meminta kepada anggota PPS yang terpilih agar segera memahami dan mempedomani petunjuk teknis selaku penyelenggara Pemilu dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Baca Juga :   Unit PPA Polres OKU Selatan Ringkus Dua Pelaku Rudapaksa Anak Bawah Umur

“Pahami tugas, wewenang dan tanggung jawab PPS sehingga dalam pelaksanaan tugas dapat bekerja dengan baik,” ucapannya

Selain itu, Kapolres juga mengingatkan anggota PPS harus menjaga netralitasnya, mempunyai komitmen, tanggung jawab dan integritas yang tinggi karena PPS merupakan komponen maupun penyelenggara pemilu paling bawah yang peranannya sangat penting dan krusial untuk mensukseskan pemilu khususnya di wilayah Kabupaten OKU Selatan.

“Jaga netralitas, jangan ada kecurangan, bekerja dengan jujur, jika ada ancaman atau tekanan terhadap anggota PPS maupun PPK untuk melakukan kecurangan, silahkan rekam, videokan dan laporkan,” tegasnya

Baca Juga :   Jadi Narsum Pembinaan Pelanggaran Pemilu, Ini Pesan Kasat Reskrim Polres OKU Selatan

Dikatakan Kapolres, jika terdapat kecurangan pada Pilkada ini nanti, bisa dipastikan akan ada pemilihan ulang atau penghitungan suara ulang.

“Jika itu terjadi maka akan menggunakan biaya yang banyak, dari pada mengeluarkan biaya banyak mending saya periksa oknum yang melakukan kecurangan,” tegasnya

Lebih lanjut Kapolres mengatakan untuk mensukseskan dan mengamankan Pemilu di wilayah hukum Polres OKU Selatan perlu adanya kerjasama dan sinergitas yang baik dan solid dari stakeholder atau pemangku kepentingan untuk dapat berperan aktif sesuai tupoksinya masing-masing.

“Kita semua berharap situasi Kamtibmas menjelang, pada saat dan pasca Pemilu khususnya di OKU Selatan tetap sejuk, aman kondusif, Insya Allah dengan sinergitas yang baik hal tersebut dapat terlaksana dengan baik,” tandasnya (Red)