Hadir di Acara “Kulon Progo Peduli Stunting”, Danrem 072/Pamungkas Sampaikan Ini

Danrem 072/Pamungkas Brigjend TNI Puji Cahyono, S.IP, M.Si. menghadiri acara "Kulon Progo Peduli Stunting" di Aula Samsat Kulon Progo, Jalan Wates Km 27, Gempal, Giri Peni, Wates, Kulon Progo, DIY, Minggu, (02/10/2022). (foto: Penrem072/Narwan WT)

Kulonprogo DIY, wartaterkini.newsDanrem 072/Pamungkas Brigjend TNI Puji Cahyono, S.IP, M.Si. menghadiri acara “Kulon Progo Peduli Stunting” dalam rangka penggalangan dana untuk Stunting dan Pengukuhan Bapak Asuh Stunting. Acara ini diselenggarakan atas kerjasama BKKBN RI, Kodim 0731/Kulonprogo dan Pemda Kulon Progo. Kegiatan bertempat di Aula Samsat Kulon Progo, Jalan Wates Km 27, Gempal, Giri Peni, Wates, Kulon Progo, DIY,  Minggu, (02/10/2022).

Danrem 072/Pamungkas menyampaikan program Stunting adalah program dari pemerintah yang sudah dijalankan pertama kali sejak Kasad dikukuhkan sebagai Bapak Stunting.

Lebih lanjut Danrem menyampaikan, program Stunting merupakan program sosial dengan harapan nantinya masyarakat bisa sedikit menyumbangkan dananya untuk mendukung program ini. Seperti dilaksanakan di Kabupaten Sleman, dengan mendapatkan sumbangan dana kurang lebih 170-an juta rupiah dan saat ini masih berjalan terus untuk dana masuk ke rekening yayasan yang ditunjuk.

Baca Juga :  Latih Kemampuan Bertempur, Lanud Leo Wattimena Laksanakan Latihan Pertahanan Pangkalan

“Nantinya setelah terkumpul dana ini akan saya laporkan kepada Bapak Panglima TNI, Kasad dan Pangdam IV/Diponegoro,” ucap Danrem 072/Pamungkas.

Danrem juga menyampaikan program Stunting di wilayah Korem 072/Pamungkas sudah mencapai 172 %, nomer 2 di Indonesia. Sebuah capaian yang luar biasa bagi warga Yogyakarta.

“Mudah-mudahan dengan program ini anak-anak yang kekurangan gizi (Stunting) akan terbantu karena mereka adalah harapan kita bersama,” harapnya.

Sementara itu, Dandim 0731/ Kulonprogo Letkol Inf Nurwaliyanto menyampaikan, Kodim 0731/Kulonprogo melalui para Danramil dan Babinsa yang tersebar di 12 Kapanewon, 87 Kalurahan dan 1 Kelurahan Wates akan terus bersinergi dan berkolaborasi dengan menggandeng seluruh stakeholder. Komunitas dan CSR untuk bersatu padu dalam upaya membantu mempercepat penurunan angka Stunting di wilayah Kabupaten Kulonprogo.

Baca Juga :  Komandan Korem 072/Pamungkas Hadiri Sertijab Komandan Korem 074/ Warastratama

“Perjuangan mencegah dan menurunkan Stunting ini sebenarnya tidak sulit selama koordinasi, komunikasi dan kerjasama yang baik dari semua pihak. Tantangan pasti ada, namun jadikan tantangan tersebut sebagai penyemangat dan dorongan kita semua dalam menjalankan komitmen bersama,” katanya.

Upaya yang dilakukan dalam menjalankan komitmen tersebut, Letkol Nurwaliyannto mengatakan salah satunya dengan menggandeng mitra dari kalangan pelaku usaha di wilayah Kabupaten Kulonprogo. Yaitu untuk berpartisipasi memberikan bantuan finansial, guna meringankan beban keluarga miskin absolut yang memiliki Balita Stunting.

“Berdasarkan pendataan dari para Babinsa kami ada sekitar 85 anak Stunting yang tersebar di seluruh Kabupaten Kulonprogo,” ungkapnya.

Baca Juga :  Komandan Korem 072/Pamungkas Olahraga Bersama di Kodim 0729/Bantul

Memiliki masa depan yang cerah adalah impian semua orang, namun tidak semua orang memperoleh kenikmatan dan keberuntungan yang sama. Uluran tangan dermawan mungkin tidak bisa menghapus air mata dan kegalauan yang mereka alami. Sedikit bantuan dari kita akan menjadi sangat berarti untuk meringankan beban mereka.

“Semoga niat baik kita semua untuk berlomba-lomba dalam kebajikan (Fastabikhul Khoirodz), senantiasa menjadi ladang ibadah kita semua. Kodim 0731/Kulonprogo hanya memfasilitasi untuk mekanisme penyerahan bantuan kepada keluarga kurang mampu dan yang  memiliki Balita Stunting, akan dilaksanakan dengan berkolaborasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait,” pungkas Letkol Nurwaliyanto. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini