Guru di Pelosok OKU Selatan Raih Juara 1 Guru Berdedikasi Tingkat Provinsi

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Suatu kabar berita yang menggembirakan dan membanggakan bagi guru Indonesia, khususnya bagi guru di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, atas penghargaan guru berprestasi yang diberikan kepada Ilham, juara I Lomba Guru Sekoah Dasar Berdedikasi dan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2019.

Ilham merupakan sosok guru muda yang energik, kreatif, inovatif, serta berdedikasi pada dunia pendidikan di Desa Singalaga Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan. Karier mengajarnya dimulai saat ia menjadi salah satu guru honorer di SD Negeri Muara Payang Desa Singalaga. Saat itu, Ilham hanya seorang guru biasa karena ijazah yang digunakan saat melamar menjadi guru hanya ijazah SMA.

Baca Juga :  Pelaksanaan Kegiatan MTQ Ke 29 Di Kabupaten OKI, Mampu Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

Seiring berjalannya waktu, Ilham yang merasa bahwa ilmu yang dimilikinya belum mumpuni, melanjutkan pendidikannya sambil terus mengajar untuk meraih ijazah jenjang Strata 1 (S.1).

Banyak kendala yang dihadapi oleh Ilham dalam memajukan pendidikan di Desa Singalaga Kecamatan Kisam Tinggi, bukan hanya masalah pendidikan tetapi juga masalah perekonomian serta budaya dalam masyarakat setempat. Namun, berkat usaha dan tekad yang kuat, Ilham dan rekan-rekan sesama guru lainnya berhasil mendirikan Sekolah Dasar (SD) dan SMP Satu Atap. Sekolah yang mereka dirikan telah menghasilkan ratusan alumni.

Baca Juga :  Rapat Penutupan Paripurna DPRD OKU Selatan Diwarnai Interupsi

Akan tetapi itu belumlah cukup. Masih ada tantangan lain yang mereka hadapi. Setelah tamat SMP, siswa yang lulus akan melanjutkan ke SMA yang letaknya masih terbilang jauh dari dusun Singalaga. Seandainya harga kopi mahal, tentu tidak akan masalah bagi orang tua siswa untuk menyekolahkan anaknya ke ibukota kecamatan atau bahkan ke kota. Namun, apabila hasil panen sedikit dan harganya juga rendah, tentu anak anak itu akan terputus pendidikannya.

Baca Juga :  Kadisdik OKU Selatan Ingatakan Pentingnya Data Dapodik

Didasari keinginan yang kuat untuk memajukan pendidikan di desa tempatnya mengabdi, terbersit untuk membentuk sebuah kelas jauh dari SMA Negeri Kisam Tinggi yang tujuannya agar anak-anak dapat terus belajar dan tidak putus sekolah. Biarlah mereka belajar di Singalaga, dengan bimbingan guru-guru honorer yang ada di atas bukit ini. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini