Kamis, Juni 30, 2022
Google search engine
BerandaBeritaGugus Tugas OKU Selatan Tinjau ODP, Kepala Puskes BSA Ajak Masyarakat Kenali...

Gugus Tugas OKU Selatan Tinjau ODP, Kepala Puskes BSA Ajak Masyarakat Kenali Istilah Terkait Covid-19

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, di hari ke empat tetap melakukan pemantauan dan pemeriksaan perkembangan psikologi kesehatan terhadap Orang Dalam Pemantauan (ODP) serta memberikan dukungan moral kepada pihak keluarga ODP di kecamatan Buay Sandang Aji (14-04-2020).

Sama seperti hari-hari sebelumnya kunjungan ini bertujuan memberikan edukasi terhadap perkembangan kesehatan dan memberikan bantuan masker serta multi vitamin untuk ketahanan tubuh bagi orang yang berstatus (OPD) dan keluarganya.

Kepala Sekretariat gugus tugas Dony Agusta.,SKM., MM., melalui Kasi pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD OKU Selatan, Tommi., SKM mengatakan pemantauan serta pemberian masker dan multi vitamin kepada 4 ODP yang ada di desa Negeri Batin dan 1 ODP di Desa Kota Karang dilakukan untuk melihat dan memeriksa kondisi kesehatannya.

“Kegiatan hari ini melakukan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan bagi 5 ODP yang ada di kecamatan Buay Sandang Aji, sementara untuk 10 ODP sudah selesai menjalani karantina atau isolasi mandiri”.Jelas Tomi

Baca Juga :  Polres OKU Selatan Semprot Disinfektan Sekitaran Muaradua

Terpisah kepala Puskesmas Buay Sandang Aji, Hersya Gustin., SST., MM,  mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait merebaknya virus corona atau Covid-19. Masyarakat harus memahami istilah yang disampaikan terkait ODP (Orang dalam Pemantauan), PDP (pasien dalam pengawasan) dan Suspect Corona.

Yang dimaksud ODP atau seseorang dikatakan masuk dalam kategori ODP apabila ia sempat bepergian ke wilayah lain yang merupakan pusat penyebaran virus Corona. Selain itu seseorang akan masuk sebagai ODP apabila pernah berkontak langsung dengan pasien yang positif Corona. Orang yang masuk dalam kelompok ini adalah mereka yang belum menunjukkan gejala sakit.

“PDP adalah singkatan dari pasien dalam pengawasan. Artinya, orang yang masuk ke dalam kategori ini sudah dirawat oleh tenaga kesehatan (menjadi pasien) dan menunjukkan gejala sakit seperti demam, batuk, pilek, dan sesak napas”. Jelas Echa sapaan akrab Hersya Gustin

Baca Juga :  Hermansyah Mastari Terpilih Menjadi Ketua HIPMI Sumsel Periode 2020-2023

Sementara, suspect corona adalah orang yang diduga kuat terjangkit infeksi Covid-19, dengan menunjukkan gejala virus Corona dan pernah melakukan kontak dekat dengan pasien positif Corona.

Pasien yang masuk dalam kategori ini akan diperiksa menggunakan dua metode, yaitu Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Genome Sequencing. pemeriksaan ini akan dilakukan untuk melihat status infeksi Corona di tubuh suspect tersebut untuk mengetahui positif atau negatif.

“Status ODP, PDP, dan suspect, didapat dari proses tracking yang dilakukan pemerintah dengan mengaitkan data-data yang ada di lapangan. Pasien yang masuk sebagai salah satu dari ketiga kelompok tersebut akan diberitahu oleh petugas kesehatan terkait, dan umumnya diinstruksikan untuk menjalani karantina selama 14 hari”.tambah Echa.

Baca Juga :  Rumah Orang Tua Wartawan Diduga Sengaja Dibakar OTK

Hersya Gustin juga mengucapkan terimakasih kepada tim gugus tugas Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan atas bantuan dan kepeduliannya terhadap masyarakat dan tim medis puskesmas Buay Sandang Aji dalam mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona di kecamatan Buay Sandang Aji.

Selain itu Hersya Gustin juga meminta masyarakat di kecamatan Buay Sandang Aji apabila memiliki gejala yang dijelaskan tadi diharap untuk segera memeriksakan diri di puskesmas atau RSUD Muaradua guna mengantisipasi Covid-19 dan memutus mata rantai virus Corona.

“Saya harap masyarakat Buay Sandang Aji agar membiasakan diri berprilaku hidup bersih dan selalu menggunakan masker jika akan beraktifitas diluar rumah dan kepada para ODP selama menjalani isolasinya agar selalu mentaati apa yang telah di anjurkan protokol Covid-19”.pungkasnya (Red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Covid-19 Counter

Indonesia
6,080,451
Total Kasus
Updated on 27 June, 2022 1:25 am

Paling Populer

Headline News