Gugus Tugas dan Dinkes OKU Selatan Kunjungi Keluarga Almarhum RH Warga Desa Pagar Dewa

oleh -1.432 views

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan kunjungi dan pantau Orang Tanpa Gejala (OTG) yang merupakan keluarga dari pasien RH (63) di Desa Pagar Dewa Kecamatan Warkuk Ranau Selatan. Kamis (28-05-2020).

RH sendiri telah meninggal dunia dan hasil tes SWAB yang keluar setelah kepergiannya menyatakan jika RH Positif Covid-19. Selama sakit hingga menghembuskan nafas terakhirnya, RH dirawat di beberapa RS dan salah satunya RS di Metro Lampung.

Begitu hasil tes Swab RH menyatakan yang bersangkutan positif Covid-19, tim gugus tugas bertindak cepat dengan melakukan tracking terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan RH selama 2 minggu terakhir.

Baca Juga :  Rapat Paripurna Ke-VIII DPRD PALI Digelar Melalui Video Conference

Selanjutnya tim gugus tugas melaksanakan test Swab terhadap 14 orang yang diketahui melakukan kontak dengan RH. Tes Swab dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2020 dan status mereka saat ini Orang Tanpa Gejala (OTG).

Pada hari ini, Kamis (28-05-2020) tim gugus tugas kembali mendatang OTG untuk mengetahui perkembangan kesehatan mereka dan memberikan bantuan dari gugus tugas untuk keluarga RH di Desa Pagar Dewa.

Selain itu pihak dinas Kesehatan sendiri memberikan edukasi langsung kepada keluarga RH dalam menjalani karantina dan untuk melakukan pola hidup sehat.

“Kami dari pihak dinas Kesehatan OKU Selatan turut serta mengunjungi keluarga RH dalam rangka memberikan edukasi untuk memutus mata rantai Virus Corona”. ujar Sekretaris dinas kesehatan Zul fahmi.

Baca Juga :  Bupati Iskandar Minta Segerakan Pekerjaan Fisik Antisipasi Dampak Corona ke Ekonomi

Penyerahan bantuan ini dilakukan secara langsung oleh Juru bicara gugus tugas, Marlis Abadi, SKM, sekretaris dinas kesehatan, Zul fahmi, SKM, MM yg didampingi Kabid Kesehatan Masyarakat, Umu Manazilawati, SKM, Camat Warkuk, Kepala Puskesmas Warkuk, Kepala Desa Pagar Dewa serta perwakilan PMI Warkuk Ranau Selatan.

Adapun bantuan yang diserahkan berupa bahan pokok seperti beras, gula, minyak, aqua, susu ibu hamil, susu balita, min instan, telur, masker dan kebutuhan lainya. Diharapkan dengan adanya bantuan ini dapat meringankan keluarga RH dalam memenuhi kebutuhan gizi selama menjalani isolasi mandiri di rumah mereka.

Baca Juga :  Tiga Pasien PDP OKU Selatan Negatif Corona, 100 ODP Selesai Jalani Isolasi

Juru bicara gugus tugas, Marlis abadi, SKM saat ditemui usai menyerahkan bantuan mengatakan bahwa gugus tugas sangat mengharapkan kerja sama dari keluarga RH untuk disiplin melaksanakan isolasi mandiri untuk kebaikan dan kepentingan masyarakat OKU Selatan.

“Kami sangat berharap agar keluarga RH dapat kooperatif dalam menjalani isolasi mandiri dengan disiplin demi kebaikan bersama. Harap bersabar sampai hasil tes keluar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan untuk menjaga stabilitas OKU Selatan dalam upaya memutus mata rantai virus Corona,” ujar Marlis. (Red)

Print Friendly, PDF & Email