Gubernur Sumsel Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana 2020

oleh

Bogor Jawa Barat, wartaterkini.news–Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana Tahun 2020 dengan tema “Bencana Urusan Bersama” yang diselenggarakan oleh BNPB di Sentul Internasional Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Selasa (04-02-2020)

Rapat dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo ini mengangkat tema “Bencana Urusan Bersama”. Dalam hal ini Presiden mengatakan bahwa kejadian bencana yang semakin meningkat hal tersebut tidak terlepas dari beberapa faktor seperti perubahan iklim.

Baca Juga :  Gubernur Restui Jon Heri Ketua PWI Sumsel

Jokowi pun memberikan sejumlah instruksi. Pertama, Jokowi meminta agar seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah harus bersama-sama bersinergi melakukan upaya pencegahan, mitigasi, dan meningkatkan kesiapsiagaan.

Kedua, Presiden menginstruksikan agar gubernur, bupati, dan wali kota segera menyusun rencana kontinjensi termasuk penyediaan sarana dan prasarana kesiapsiagaan serta harus siap menangani bencana dengan tuntas.

Selain itu, menurut Jokowi, penanggulangan bencana harus dilaksanakan dengan pendekatan kolaboratif dan pentahelix yaitu kolaborasi antara unsur pemerintah, akademisi dan peneliti, dunia usaha, masyarakat, serta dukungan media massa.

Baca Juga :  Salah Satu Anggota Polres OKU Timur Dipecat Secara Tidak Hormat

Keempat, Jokowi meminta pemerintah pusat dan daerah harus meningkatkan kepemimpinan dan pengembangan SDM yang handal dalam penanggulangan bencana, penataan kelembagaan yang mumpuni, termasuk program dan anggaran yang harus ditingkatkan sesuai prioritas RPJMN 2020-2024.

Kelima, Presiden meminta Panglima TNI dan Kapolri terus mendukung upaya penanggulangan bencana termasuk penegakan hukum dan pengerahan dukungan secara nasional hingga ke daerah.

Baca Juga :  Dinkes OKU Selatan Peringati Hari Kesehatan Nasional ke-54 Tahun 2018

Kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh kepala daerah se-Indonesia diantaranya yaitu Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia. Selain itu juga diikuti berbagai lembaga yang berkaitan dengan penanganan bencana diantaranya yaitu Basarnas, TNI, Polri, dan juga Pramuka. (Ril/red)

Print Friendly, PDF & Email