Gubernur Sumsel Akan Launching Internet Desa Gratis Awal Oktober 2019

Palembang, wartaterkini.news–Presiden RI Joko Widodo akan  meresmikan Jalan Tol segmen Terbanggi Besar – Kayuagung di Kabupaten OKI tanggal 10 Oktober 2019 mendatang. Bersamaan dengan momen tersebut dimanfaatkan oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru untuk launching Internet Desa di Provinsi Sumatera Selatan.

Hal tersebut diutarakan oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru pada saat menerima audiensi PT.Icon+ (Icon plus) Palembang terkait Peresmian Jalan Tol dan Launching Internet Desa di Sumsel bertempat di Ruang Tamu Griya Agung, Rabu (25-09-2019)

“Saat ini untuk tahap awal sebagai percontohan, Internet Desa akan dilaksanakan di 34 Desa tersebar di Sumsel, selanjutnya di tahun-tahun berikutnya akan di tambah dengan menggunakan Icon+ selaku perusahaan konektifitas internet” Jelas Herman Deru.

Baca Juga :  Bupati Askolani: Pelabuhan Internasional 'Dak Urung Lagi' Dibangun di Tanjung Carat Banyuasin

Program Internet Desa Provinsi Sumsel yg merupakan salah satu program Gubernur Sumsel H.Herman Deru. Program yang ia inisiasi tersebut rencananya akan dilaunching bersamaan dengan peresmian Tol Terbanggi Besar-Kayuagung pada 10 Oktober 2019.

“Rencananya seperti itu, harapan saya dengan adanya fasilitas internet masuk desa, dimana pun ada kabel milik PLN masyarakat desa di Sumsel bisa menikmati fasilitas ini,” ujarnya

Lanjut Herman Deru, dirinya sudah punya target sendiri di luar Diskominfo untuk menyediakan fasilitas internet masuk desa bagi seluruh masyarakat.

Karena itu ia langsung menyatakan ketertarikannya untuk melakukan percepatan kerjasama dengan ICON+ yang merupakan anak perusahaan  PLN Persero yang diklaim dapat menyediakan jaringan hingga ke pelosok Sumsel.

Baca Juga :  Dinas Pendidikan Aceh Timur Gelar Kegiatan Pemilihan Pengawas Sekolah Berprestasi 

“Intinya ICON+punya sudah punga jaringan (hingga ke pelosok) tersendiri kan. Sama jaringan listrik PLN. Nah artinya ini sesuai dengan target saya dan kita siap bekerjasama,” tegas Gubernur.

Selain berorientasi pada profit, kerjasama jni juga diharapkan memberikan benefit bagi Pemprov Sumsel karena bisa merelalisasikan internet masuk desa secepatnya.

“Soal kepercayaan yang ada pada ICON+ tentu semua paham. Makanya setelah ini saya ingin ada aksi nyata yang dirasakan masyarakat,” pungkasnya

Turut hadir pada audensi tersebut, Kadis Kominfo Prov Sumsel H. Achmad Rizwan S.STP, MM menambahkan, selain internet gratis, nanti juga akan dibuat WEB untuk masing – masing Desa, agar desa bisa mempromosikan pariwisatanya, UMKM nya, ataupun kegiatan – kegiatan yang dilakukan masyarakatnya.

Baca Juga :  Herman Deru Kucurkan Bantuan Rp 11, 5 M Untuk Infrastruktur di Kabupaten OKU

Jelas Achmad Rizwan, Icon+ memiliki program untuk pengembangan internet desa, dan merupakan layanan connectifiti yang disediakan untuk bekerjasama dengan SKPD di seluruh Indonesia.

“Saat ini telah punya lebih dari 3000 titik dan ditugaskan pemerintah Pusat untuk dapat lebih dari 10.000 titik seluruh Indonesia bahkan sampai ke daerah pelosok-pelosok” ujarnya.

Sementara itu, Anindita Eka Wibisono, Direktur Keuangan dan SDM ICON+ mengatakan, seluruh potensi pedesaan dapat dimaksimalkan dengan adanya internet masuk desa.

“Sebagai anak perusahaan PLN, kita memberikan manfaat tambahan berupa penyediaan fasilitas jaringan internet ke desa-desa sama seperti PLN yang masuk dengan aliran kelistrikan,” ujarnya. (Cly/red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini