Gubernur HD Minta Jaga Persatuan Antar Umat Beragama

Palembang, Wartaterkini.News– Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengajak seluruh umat Buddha di Sumsel terus menjaga persatuan dan menjalin kebersamaan baik sesama pemeluk agama Buddha maupun dengan umat beragama lainnya.

Menurut Herman Deru, persatuan yang terjalin dengan kebersamaan antar umat beragama menjadi sangat penting guna mendukung suksesnya pembangunan bidang keagamaan di Sumsel, ditambah lagi, Sumsel sudah dikenal sebagai suatu Provinsi di Indonesia yang Zero Konflik terbukti tidak ada kerusuhan antar umat beragama dan semua hidup berdampingan dengan damai.

“Kebersamaan antar umat buddha sangat penting begitu juga kebersamaan umat Buddha dengan umat beragama lainnya. Kita di Sumatera Selatan ini suatu Provinsi di Indonesia yang Zero Konflik, semua hidup berdampingan dengan damai. Bahkan, Ada suatu desa di Sumsel  yang didalamnya berisikan beragam umat dari berbagai agama yang hidup damai berdampingan”. ungkap Herman Deru.

Baca Juga :  Lebih Buruk dari DPRD Sebelumnya, DPP P3S Minta 27 Anggota DPRD Siantar di PAW

Ajakan menjalin persatuan antar sesama itu disamapaikan Gubernur H. Herman Deru saat membuka Rapat Kerja Daerah DPD Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) Provinsi Sumsel dengan tema “Meningkatkan Persatuan Umat Buddha Sumatera Selatan” berlangsung di Ballroom Hotel Aston Palembang, Senin (28/1/2019).

Lanjut Herman Deru, semua ajaran agama tentu didalamnya mengajarkan tentang tentang kebaikan. Untuk itu, Gubernur mengapresiasi digelarnya Rakerda WALUBI yang dihadiri langsung  Ketua Umum DPP WALUBI, Dra. Siti Hartati Murdaya.

“Saya salut mereka punya inisiatif untuk mempersatukan umatnya guna menyambung kebersamaan dengan umat beragama lainnnya. Karena ini sinergi dengan program pemerintah hingga saya hadiri langsung bersama Kapolda dan Pangdam II Sriwijaya,” terangnya.

Baca Juga :  Gubernur Herman Deru Tinjau Posko Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Muratara

“Semua umat beragama di Sumsel punya ide ide baik mulai dari para ulama muslim, umat Buddha, Hindu, Kristen dan lainnya semua punya nafas yang sama untuk menjaga kesatuan NKRI,” lanjut Deru.

Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha, Kementerian Agama RI, Drs. Supriadi MPD yang juga hadir di Rakerda WALUBI Sumsel mengharapakan dengan Rakerda yang dilaksanakan itu dapat menghasilkan rumusan program kerja WALUBI Sumsel yang bersinergi dengan pemerintah.

“Dengan program kerja yang dilaksanakan, WALUBI akan menampakan karyanya untuk kemajuan Indonesia. Mari kita tingkatkan kebersamaan,” ujar Supriadi.

Sementara itu, Ketua Umum DPP WALUBI, Dra. Siti Hartati Murdaya mengatakan, WALUBI merupakan sebuah wadah dari berbagai organisasi umat Buddha. Bahkan, sejumlah organisasi umat Buddha dari beberapa negara sudah mengakui bergabung dalam wadah organisasi umat Budha WALUBI.

Baca Juga :  Herman Deru: Gojek Mitra Masyarakat

“Sungguh berbahagia menjadi umat Buddha di Indoensia. Saya mengajak umat Buddha untuk mari bersama lebih serius lagi menyikapi kehidupan yang semakin maju saat ini,” ajak Siti Hartati Murdaya.

Rakerda DPD WALUBI Provinsi Sumsel itu diikuti delegasi dari 8 majelis umat Buddha se-Sumsel dan perwakilan dari 4 DPD WALUBI Kabupaten dan Kota se-Sumsel. Hadir dalam kesempatan itu, Kapolda Sumsel Irjen Pol. Zulkarnain Adinegara, Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Anto Mukti Putranto, TGUPP Bidang Hubungan Antar Agama, K.H. Amiruddin Nahrowi (Cak Amir), Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sumsel, Aflatun Mucthar, dan Ketua DPD WALUBI Provinsi Sumsel, Karto Wibisono.  (Cly/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini