Gelar Ngopi Kamtibmas, Kapolsek Cikarang Barat himbau warga Waspadai Kejahatan Cyber

Bekasi Jawa Barat, Wartaterkini.news – Polsek Cikarang Barat Menggelar giat Ngopi kamtibmas  bersama warga Perumahan Kartika Wanasari di Pos Satkamling Sekretariat RW.031 Perumahan Kartika Wanasari, Cibitung. Rabu, (26/06/2024) malam.

Dalam Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolsek Cikarang Barat Kompol Gurnald Patiran, S.I.K., M.Si., beserta jajaran, Camat Cibitung Encun Sunarto, Lurah Wanasari Ujang Sukrilah, Bhabinsa Cibitung  sertu kurned, Peltu abdul rojak, Pokdar Polsek Cikarang Barat, serta warga Perumahan.

Dalam giat ngopi kamtibmas ini Kapolsek Cikarang Barat Kompol Gurnald menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada, terlebih lagi terkait kejahatan cyber.

Baca Juga :   Kapolsek Cikarang Barat Pimpin Apel Kegiatan Operasi Kejahatan Jalanan

” jadi untuk masyarakat harus selalu waspada terhadap tindakan kejahatan terlebih lagi kejahatan cyber. Karena maraknya penipuan lewat aplikasi, jadi masyarakata harus jeli. Jangan mudah percaya,” ucap Kapolsek.

Lebih lanjut dirinya juga menekankan , banyaknya laporan yang masuk karena kesus penipuan online.

“Modusnya bermacam-macam, baik lewat aplikasi berbasis apk, ada juga yang menjadi penjual merangkap pembeli. Bahkan ada yang mengaku salah transfer. Jadi pelaku menelpon korban, bilang kalau dirinya salah transfer dan meminta untuk di transfer balik. Padahal itu uang pinjol,” jelasnya.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Dodo: Zakat Wujud Rasa Syukur

Dirinya juga berpesan untuk selalu menjaga kondusifitas dilinggkungan, ” Terimaksih untuk masyarakat, tetap jaga Kamtibmas, kondusifitas diwilayah, dan yang terpenting jaga kesehatan,” pesan Kapolsek.

Sementara itu, ditempat yang sama Camat Cibitung  Encun Sunarta mengingatkan pada perangkat RT dan RW agar selalu memperhatikan lingkungan.

“Ketua RW dan ketua Rt harus lebih peka lagi terhadap lingkungan untuk melakukan pendataan. Kalau bisa RT dan RW mempunyai buku induk kependudukan untuk mencatat warga yang datang, pindah, dan meninggal. Dan itu berlaku baik untuk penduduk tetap maupun warga pendatang,” ungkap Camat Encun.

Baca Juga :   Satres Narkoba Polres PALI Gagalkan Peredaran Narkoba Jenis Sabu di Wilayah Hukumnya

Dirinya juga menambahkan, “Banyak warga yamg sudah menetap lama tapi belum mengurus kepindahan. Padahal menurut aturan setelah menetap selama 6 bulan sudah harus mengurus berkas perpindahan,” pungkasnya. (Kikih/Red)