Gelar Latihan Bersama di Puslatpur Martapura, Ratusan Tentara AS Tiba di Sumsel

oleh

Palembang Sumsel, wartaterkini.news–Ratusan tentara Amerika Serikat (AS) tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang untuk mengikuti acara latihan bersama TNI AD. Ratusan tentara AS itu tiba di RI dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Sebanyak 330 tentara AS tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pada, Sabtu (24-07-2021) kemarin.

Mereka akan mengikuti latihan bersama TNI AD pada 1-14 Agustus 2021 di tiga daerah latihan tempur Baturaja, Martapura, Amborawang dan Makalisung.

Baca Juga :  BPOP Mabar Diduga Tilep Dana 10 Miliar, Asis Deornay: Tangkap dan Seret yang Berwatak Maling

“Tujuan dari latihan bersama ini untuk meningkatkan kerja sama dan kemampuan prajurit TNI AD dengan AD Amerika Serikat, dalam pelaksanaan tugas operasi”,jelas Kepala Dinas Penerangan, Brigjen TNI Tatang Subarna, dalam keterangannya yang dilansir dari detik.com

Latihan ini akan menjadi latihan terbesar dalam sejarah kerja sama antara TNI AD dengan tentara AS.

Latihan ini akan d iikuti oleh 2.246 personel TNI AD dan 2.282 personel tentara AD AS. Dengan materi latihan Staff Exercise, Field Training Exercise, Live Fire Exercise, Medical Exercise, dan Aviation.

Baca Juga :  Latihan Tempur Antar Kecabang (ANCAP) TNI AD 2018

Dikatakannya, ribuan personel tentara AS atau US Army ini datang secara berturut-turut di Bandara yang ada di Palembang sampai dengan tanggal 26 nanti, menggunakan lima pesawat.

“Sedangkan d i Amborawang dan Makalisung, hanya pada tanggal 25 besok, masing-masing menggunakan satu pesawat”,ujar Tatang.

Tatang memastikan prokes yang ketat dari Satgas COVID-19 hingga ketentuan-ketentuan yang berlaku akan diterapkan terhadap para Tentara Amerika tersebut.

Baca Juga :  Kebakaran di Kembangan Jakarta Barat, 120 Korban Jiwa Terdampak, 22 Diantaranya Pelajar

Tak hanya itu, pemeriksaan dari pihak Bea Cukai dan Imigrasi juga akan dilakukan untuk kegiatan latihan bersama berjalan aman dan tertib. (**/Arman/Red)

Print Friendly, PDF & Email