Gelar Expo Seni, SMKN 7 Hadiahkan Potret Gubernur Sumsel

Palembang, Wartaterkini.News– SMK 7 Expo 2019 bertema “Merajut Asa Meraih Mimpi” digelar di Jalan Naskah II Km 7 Palembang, Kamis, (14/2/2019). Kegiatan ini diinisiasi oleh guru dan alumni SMKN 7 Palembang. Dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 14 hingga 16 Februari 2019.

Asisten I Pemerintah dan Kesra Pemprov Sumsel, Akhmad Najib mengatakan kegiatan ini dapat menggagas kreativitas para pendidik seni, dan membangun sifat apresiasi terhadap keunikan seni di Sumatera Selatan, khususnya di Sekolah SMK N 7 Palembang.

“Para seniman mampu mengaplikasikan teori dalam bentuk kemampuan mereka, sehingga menghasilkan karya yang sangat menarik,” ujarnya.

Kebudayaan, infrastruktur, dan beberapa aspek lain di Sumsel, harus terus ditingkatkan. Hal ini sesuai dengan visi misi Sumsel Maju Untuk Semua. “Kita harus memajukan pendidikan tetapi tetap harus mengedepankan kebudayaan,” tegas Najib.
Ia mengatakan semua kreativitas diarahkan kepada pengentasan kemiskinan agar masyarakat lebih sejahtera dan lapangan pekerjaan terbuka luas.

Baca Juga :  Bantu Kursi Roda dan Kaki Palsu Cara Pemprov Sumsel Peringati HKSN Tahun 2021

“Tingkat pendidikan dan pembangunan Sumber Daya Manusia yang baik akan mempermudah pengentasan kemiskinan,” ucapnya.

Najib mengatakan Pemerintah Pusat telah memprogramkan para seniman atau maestro dapat datang ke sekolah-sekolah seni secara langsung. Hal ini agar para siswa dapat menambah wawasan yang lebih luas melalui ilmu dan praktik langsung dari ahlinya.

“Seni budaya akan menjadikan Sumatera Selatan memiliki hasil karya yang menunjukan pribadi masyarakat Sumsel yang rukun dan damai,” ujarnya.

Ia pun mengajak kepada setiap audiensi untuk terus mengapresiasi dan menggiatkan pemanfaatan inovasi hasil karya anak bangsa. “Sesuai tema acara ini, hasil karya seni dapat berpengaruh dalam membangun asa,” ungkapnya.

Baca Juga :  Herman Deru: Imigrasi Merupakan Cerminan Wajah Indonesia Dalam Pelayanan Publik

Disela-sela acara, SMK N 7 Palembang juga mempersembahkan karya seni lukis berpotret Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. Karya ini diserahkan kepada Asisten I Pemerintah dan Kesra Pemprov Sumsel, Akhmad Najib.

Melanjutkan, Kepala Sekolah SMKN 7, Suparman mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mengembangkan kelompok teknologi seni rupa, kriya dan industri kreatif yang ada di SMKN 7.

Suparman mengatakan kegiatan ini akan meningkatkan animo dan minat dari siswa-siswa sekolah dasar di bidang seni yang cenderung menurun. “Kita ingin mengangkat citra seni di Sumsel,” katanya.

Ia mengungkapkan SMKN 7 Palembang adalah satu-satunya sekolah Seni yang ada di Sumsel. Oleh karena itu, Ia berharap agar dapat melakukan audiensi dengan Pemprov Sumsel untuk membicarakan tentang Seni di Sumsel.

Baca Juga :  Tinjau Pemilihan Anggota BPD Desa Wonosari, Kapolsek Panai Hilir Sampaikan Pesan

“Kami ingin anak-anak berbakat seni di 17 kab/kota Sumsel dapat bersekolah di SMKN 7, yang nantinya dapat bertempat di asrama,” ungkapnya.

Menurutnya, setiap tahun SMKN 7 aktif berpartisipasi mengikuti beberapa perlombaan seni dan keterampilan tingkat nasional.

Keikutsertaan ini, mewakili Sumsel dan mendapatkan beberapa juara. “Jika suatu seni di daerah baik, maka hal ini dapat juga jadi potensi wisata,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan ini diisi dengan lomba-lomba mewarnai dan melukis untuk anak-anak, workshop membatik dan seminar untuk para guru seni.

Selain itu, acara ini menampilkan fashion showbatik dan juga lukisan hasil karya siswa SMKN 7 Palembang. (Cly/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini