Gandeng KPUD, Badan Kesbangpol Morotai Gelar Rakor Pembentukan Kader DP3

oleh

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bersama KPUD Morotai menggelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pembentukan Kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3). Jumat (10/02/2023).

Rakor yang berlangsung di Desa Morodadi, Kecamatan Morotai Selatan tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Kesbangpol Morotai yang diwakili Sekertaris Kesbangpol, Rohana S.A Karim, SP. Kepala Bidang Sospol, Abas Umasangaji, Devisi Hukum dan Pengawasan KPUD Morotai, Faisal Aba, S. Pi. Devisi SDM dan Parmas KPU Morotai, Amina Failisa, S. Sos., kepala Desa Morodadi, Johan Mardiono, Bhabinkamtibmas Desa Morodadi, Brigpol, Deni A. Jaya dan puluhan warga Desa Morodadi yang masuk dalam Pemilih Pemula.

Baca Juga :   Pemkab Morotai Bahas Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah

Sekertaris Kesbangpol Rohana S.A Karim, SP dalam sambutannya menjelaskan, Masyarakat desa memiliki peran strategis dalam pembangunan demokrasi. Desa merupakan susunan pemerintahan terkecil dan terdekat dengan warga Negara dan juga desa.

Menurutnya, sangat penting peran desa dalam demokrasi, maka sudah sepantasnya semua pihak harus memberikan perhatian yang lebih terhadap desa dalam hal kesejahteraan maupun pemberdayaan, karena kesuksesan membangun desa secara tidak langsung menguatkan bangunan demokrasi di Indonesia.

Baca Juga :   Mas Tamam Sarankan Taman di Area Pamekasan Jadi Taman Pendidikan

ā€œTujuan akhir dari demokrasi adalah kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,ā€tuturnya

Rakor dan Sosialisasi Pembentukan Kader DP3 di Kantor Desa Morodadi

Selain itu, rakor ini bertujuan untuk mengedukasi dan sekaligus membangun kesadaran politik masyarakat, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kuantitas partisipasi pemilih serta dapat mendukung terciptanya pemilihan yang demokratis dan damai.

ā€œKami berharap dengan sosialisasi DP3 akan membangun kesadaran politik masyarakat agar menjadi pemilih yang berdaulat dan juga meningkatkan partisipasi pemilih pada ajang pesta demokrasi baik pileg, pilpres maupun pilkada,ā€harapnya

Senada juga disampaikan Kepala Desa Morodadi, Johan Mardiono, bahwa Sosialisasi Pembentukan kader DP3 dapat memberikan edukasi politik Ā kepada masyarakat terutama pemilih pemula.

Baca Juga :   Sukses Perangi Penyakit Tropis, Pemkab Morotai Terima Sertifikasi Eradikasi Frambusia dari Menteri Kesehatan RI

ā€œKita ketahui bersama, setiap menjelang pesta demokrasi hingga selesai pemilu banyak dampak sosial yang luar biasa sering kita jumpai di desa-desa,ā€ bebernya

Untuk itu, ia juga berharap, menjelang pemilu 2024. keamanan, ketertiban dan kedamaian menjadi tanggung jawab bersama.

Diselah itu, Ā Devisi Hukum dan Pengawasan KPUD Morotai, Faisal Aba mengapresiasi kepada Badan Kesbangpol Morotai, karena dengan niat baik mencanangkan pembentukan Kader DP3), bagaimana mencerdaskan pemilih di Kabupaten Pulau Morotai umumnya dan khususnya di Desa Morodadi. (Endi/Red)