Gabungan Polres Magelang Kota, Polresta Magelang, dan Kodim 0705/Magelang Gelar Latihan Simulasi Penanganan Rusuh Massa

Gabungan Polres Magelang Kota, Polresta Magelang, dan Kodim 0705/Magelang menggelar Latihan Simulasi Penanganan Rusuh Massa, Rabu (04/09/2024). (foto: Atik)

Kota Magelang Jateng, wartaterkini.news – Gabungan Polres Magelang Kota, Polresta Magelang, dan Kodim 0705/Magelang menggelar Latihan Simulasi Penanganan Rusuh Massa di Alun-Alun Kota Magelang. Latihan ini dipimpin oleh Kapolres Magelang Kota, AKBP Dhanang Bagus Anggoro, S.I.K., M.H., dan berlangsung lancar, Rabu (04/09/2024).

Kapolres Magelang Kota, menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai tahapan-tahapan yang menjadi Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam penanganan rusuh massa.

“Latihan ini dilaksanakan untuk edukasi masyarakat bahwa penanganan rusuh massa melalui beberapa tahapan, yaitu preemtif, preventif, dan penindakan,” ujar AKBP Dhanang.

Baca Juga :   2 X 24 Jam, Polisi Ungkap Kasus Pembunuhan Korban Perempuan Berbaju Futsal

Pelatihan simulasi ini melibatkan sekitar 600 orang dari Polres Magelang Kota, Polresta Magelang dan Kodim 0705/Magelang. Kapolres juga mengungkapkan bahwa dalam pengamanan pelaksanaan pemilihan umum tahun 2024, Polres Magelang Kota akan melibatkan sekitar 700 personel.

Latihan ini juga didokumentasikan sebagai bahan evaluasi, dan pada keesokan harinya akan dilaksanakan latihan yang dipusatkan di Polda Jateng dengan melibatkan seluruh stakeholder yang terlibat dalam Pilkada 2024.

Kapolres Dhanang Bagus Anggoro menambahkan bahwa secara umum, wilayah Kota Magelang tergolong aman. Namun, pihaknya telah melakukan berbagai langkah antisipasi untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Baca Juga :   Cegah Tawuran dan Jaga Kamtibmas Jadi Kewajiban Bersama

Langkah-langkah tersebut mencakup edukasi kepada warga Kota Magelang dan kegiatan yang mengajak masyarakat untuk menjaga Kota Magelang tetap aman dan kondusif. Baik sebelum, selama, maupun setelah pelaksanaan Pilkada 2024.

Untuk menjaga kamtibmas, Polres Magelang Kota telah menyiapkan pengamanan di berbagai obyek wisata, obyek vital, serta lokasi-lokasi strategis lainnya. Pelatihan simulasi ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan kesiapan dan koordinasi antara TNI dan Polri dalam menghadapi kemungkinan gangguan selama masa pemilihan. (Atik/Red)