Festival Kurikulum Merdeka 2024 Resmi Dibuka di Jakarta

Jakarta, wartaterkini.news–Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menggelar Festival Kurikulum Merdeka 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). Acara itu resmi dibuka pada Jumat, 5 Juli 2024.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Ditjen PAUD Dikdasmen, Aswin Wihdianto, menyampaikan bahwa Festival Kurikulum Merdeka bertujuan sebagai ruang ekspresi bagi seluruh ekosistem pendidikan, termasuk pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan orang tua.

Festival itu juga merupakan wadah apresiasi atas keterlibatan mereka dalam mengimplementasikan dan mendukung Kurikulum Merdeka.

“Kegiatan ini dirancang untuk menyebarluaskan inovasi yang telah dilakukan dalam penerapan Kurikulum Merdeka, yang bertujuan menghadirkan pembelajaran berkualitas dan menginspirasi lebih banyak pihak,” ujar Aswin saat membuka Festival Kurikulum Merdeka 2024 di JCC, Jumat (5/7/2024).

Baca Juga :   Bapanas Dorong Kemandirian Pangan Lokal Melalui Pengolahan Sagu

Selain itu, Aswin menambahkan bahwa festival itu juga bertujuan meningkatkan semangat tahun ajaran baru 2024/2025 dengan Kurikulum Merdeka.

“Dengan menyoroti pengalaman nyata pembelajaran dan manfaat yang dirasakan oleh orang tua, festival ini berupaya menciptakan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan dengan Kurikulum Merdeka,” paparnya.

Rangkaian Acara Festival Kurikulum Merdeka 2024

Pada puncak acara Festival Kurikulum Merdeka, serangkaian acara telah dipersiapkan dan akan berlangsung sepanjang hari. Beberapa di antaranya adalah:

  • Pameran Karya Potret Cerita dan Interaksi Bersama Peserta
  • Pameran Kolaborasi Pendidikan
  • Pemutaran Film Dokumenter
  • Dua Sesi Gelar Wicara
    • Tema pertama: “Belajar Lebih Bermakna dan Menyenangkan”
    • Tema kedua: “Semua Punya Peran: Gotong Royong Kuatkan Ekosistem Pendidikan”
Baca Juga :   Bapeda Litbang OKU Selatan Gelar Rapat Penyempurnaan Rencan Kerja 2023

Dalam Pameran Karya Potret Cerita, terpilih 46 karya yang menggambarkan pembelajaran relevan dan menyenangkan dengan Kurikulum Merdeka. Karya-karya ini dapat disimak melalui walking gallery dan panel-panel di area tempat duduk, serta di booth “Di Balik Potret Cerita” untuk berinteraksi langsung dengan para peserta yang berbagi pengalaman pembelajaran.

Selain itu, terdapat 221 karya relevan yang ditayangkan di pameran digital Festival Kurikulum Merdeka.

Baik karya terpilih maupun karya relevan yang ditampilkan melalui pameran digital merupakan hasil kurasi dari 43.000 karya foto dan video yang dikirimkan sejak bulan Mei hingga Juni 2024. Dari keseluruhan peserta, 35.182 karya merupakan kiriman pendidik dan tenaga kependidikan, 6.505 karya dari peserta didik, dan 1.379 karya dari orang tua.

Baca Juga :   Jusuf Rizal : Kembalikan Kehormatan Jurnalistik Sebagai Pilar Keempat Demokrasi

Antusiasme unggahan karya Potret Cerita Kurikulum Merdeka menunjukkan semangat ekosistem pendidikan dalam berbagi dan saling belajar.

Ini sekaligus menjadi wujud kebahagiaan bersama dalam mempersiapkan implementasi Kurikulum Merdeka di Tahun Ajaran Baru 2024/2025. (**)