Festival Kaliratu Kebumen Sukses Gerakkan Ekonomi Masyarakat

Festival Kaliratu, di Desa Jogosimo, Klirong pada 12-14 Agustus 2022, berlangsung meriah dan sukses menyedot perhatian masyarakat, khususnya di wilayah pesisir selatan Kebumen. (foto:PemkabKbm/Narwan WT)

Kebumen Jateng, wartaterkini.newsFestival Kaliratu, yang berlangsung di Desa Jogosimo, Klirong pada 12-14 Agustus 2022, berlangsung meriah. Kegiatan ini sukses menyedot perhatian masyarakat, khususnya di wilayah pesisir selatan Kebumen.

Kegiatan yang dipadukan dengan kebudayaan, pariwisata dan ekonomi ini, sekaligus dalam rangka memeriahkan Bulan Muharam 1444 H, dan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI. Bupati Kebumen Arif Sugiyanto pun menyempatkan hadir di acara ini.

Baca Juga :  PT. Gudang Garam Tbk Salurkan Bansos Bersama Ormas LMPI Jepara

Bupati Arif mengatakan, Festival Kaliratu bukan hanya menggabungkan pariwisata dan ekonomi, tapi juga kebudayaan.

“Seperti halnya Grebeg Suran yang tadi diadakan, ada arak-arakan 4 gunungan yang berisi berbagai macam sayuran, dalam rangka merti desa, atau syukuran desa,” ujar Bupati Kebumen di Kaliratu, Sabtu (13/08/2022).

Bupati menyatakan, festival ini merupakan gambaran kecil Kebumen International Expo, banyak masyarakat hadir untuk mengikuti semua rangkaian kegiatan. Dari tumpengan massal, ada juga konser musik, dan juga pameran dari produk-produk UMKM dari masyarakat di Kecamatan Klirong.

Baca Juga :  Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Bupati Pamekasan Beri Motivasi kepada Rakyatnya

“Ini seperti mininya KIE, ada beberapa pertunjukan, baik kesenian, kebudayaan, konser musik, ada juga pameran UMKM 12 stand. Yang pasti kegiatan ini sukses menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar,” jelasnya.

Menurut Bupati Kaliratu nantinya bisa dikembangkan untuk wisata kuliner malam. Hanya saja perlu penataan agar lebih terlihat rapi. Misalnya dengan diberi stand, dan lampu, serta panggung hiburan.

Baca Juga :  PC GP Ansor Kota Pontianak, Desak Pemerintah Batalkan Impor Beras

“Kita akan sulap Kaliratu dari sesuatu yang belum pernah ada, menjadi ada,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyempatkan nyekar atau tabur bunga di Sungai Kaliratu. Festival Kaliratu juga diadakan berbagai lomba, seperti panjat pinang, juga gerakan bersih-bersih pantai. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini