Senin, Januari 24, 2022
Google search engine
Google search engine
BerandaBeritaErupsi Semeru, BPBD Jatim Imbau Masyarakat Jauhi DAS

Erupsi Semeru, BPBD Jatim Imbau Masyarakat Jauhi DAS

Surabaya Jatim, wartaterkini.news–Terjadi peningkatan aktivias Gunung Semeru Kabupaten Lumajang pada Sabtu, (4/12/2021) pukul pukul 15.20 WIB. Awan panas Gunung Api Semeru berguguran dan mengarah ke Besuk Kobokan Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo.

Masyarakat di sekitar diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di Daerah Aliran Sungai (DAS) Mujur, Curah Kobokan, dan DAS yang dimungkinkan dialiri guguran awan panas.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur, Budi Santosa, pada siaran persnya, mengatakan, pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.20 WIB, kronologi kejadian Informasi masuk getaran banjir pukul 14:47 WIB amak 20 mm.

Baca Juga :  Kemenkes Kirim Tim ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

Pada seismograf PPGA Gunung Semeru di Pos Gunung Sawur, Dusun Poncosumo Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro dan belum terkonfirmasi getaran banjir atau guguran awan panas.

“Pada pukul 14.50 WIB, masyarakat dan para penambang yang beraktifitas di aliran DAS Mujur dan Curah Kobokan dihimbau naik dan tidak melakukan aktifitas di aliran sungai,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, pada pukul 15.10 WIB, Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur menyatakan bahwa teramati adanya guguran awan panas dengan arah luncuran mengarah ke Besuk Kobokan dan visual Gunung tertutup kabut dan debu vulkanik dengan aroma belerang.

Baca Juga :  Harnojoyo Terima Penghargaan Walikota Terbaik di Sumsel

Kemudian pada pukul 15.30 WIB, tim evakuasi BPBD Kabupaten Lumajang menuju lokasi sektoral Candipuro-Pronojiwo untuk melakukan pemantaun dan evakuasi.

Sementara dampak korban jiwa serta matetial masih dalam pemantauan Tim Rekasi Cepat (TRC). Tindakan yang dilakukan BPBD Kabupaten Lumajang menerjunkan tim evakuasi ke lokasi kejadian, melakukan koordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur.

“Kami mengimbau warga agar tidak panik dan tetap memonitor perkembangan melalui WAG, Radio dan tetap mematuhi himbauan yang disampaikan PVMBG dan Pemerintah,” ujarnya.

Baca Juga :  Si Mungil Yang Menderita Tumor di Golo Tolang Butuh Uluran Tangan

Sampai dengan saat ini visual Gunungapi Semeru masih tertutupi kabut disertai hujan intensitas sedang dan aktivitas APG masih terus berlangsung.

BPBD Kabupaten Lumajang tetap memonitor dan melakukan koordinasi dengan Pos Gunung Sawur tentang perkembangan guguran awan panas Gunung Semeru, dan Laporan akan di update berkala

Sebagai informasi, pukul 16.40 WIB, Getaran pada seismograf sudah mengecil, rencana titik pengungsian sektoral di Lapangan Kamarkajang Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Lumajang.(MC Diskominfo Prov Jatim/non-ern/toeb)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine

Covid-19 Counter

Indonesia
4,286,378
Total Kasus
Updated on 24 January, 2022 11:07 am

Paling Populer

Headline News

error: Content is protected !!