Ekspedisi Toba: Dukungan Bupati Batubara Tambah Semarak Rangkaian HPN 2023

oleh

Batubara Sumut, wartaterkini.news–Bupati Batubara, Zahir, mendukung penuh pelaksanaan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, 4-7 Februari 2023 oleh Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumatera Utara dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023.

Menurut Zahir, pers merupakan mitra strategis yang sangat dibutuhkan dalam mempublikasikan dan menginformasikan program kerja pembangunan Kabupaten Batubara sampai ke masyarakat luas umumnya dan khususnya masyarakat di Kabupaten Batubara.

Hal ini disampaikan Zahir saat menerima kunjungan Pengurus SMSI Sumut dan SMSI Kabupaten Batubara di Rumah Dinas Bupati, Kecamatan Sei Suka, Tanjung Gading, Kabupaten Batubara, Sumut, Sabtu (28/2).

“Kita sadar, pers berperan ketika kita ingin mempublikasikan perkembangan pembangunan di Kabupaten Batubara, sehingga selaku Bupati saya sangat mendukung pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan oleh Dewan Pers. Setiap tahun Pemkab Batubara ada melaksanakan UKW, tujuannya agar wartawan di Pemkab Batubara lebih maju dan profesional dalam bertugas,” sebutnya.

Baca Juga :   HPN 2023 Ekspedisi Geopark Kaldera Toba SMSI Disambut Puluhan Becak BSA Siantar

Meski demikian, Zahir mengaku tidak anti terhadap wartawan dan mau menerima masukan dan kritikan yang membangun. “Wartawan juga harus mampu menggali narasumber sehingga berita yang disajikan tidak hoax dan dapat dipertanggungjawabkan,” tuturnya.

Pada kegiatan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba yang akan dilaksanakan oleh SMSI Sumut, Zahir berharap seluruh wartawan se-Indonesia yang ikut dalam rangakian HPN 2023 dapat menikmati keindahan wisata alam Danau Toba. “Termasuk objek wisata lainnya, sehingga diharapkan potensi wisata di Sumatera Utara khususnya kawasan Danau Toba dapat semakin terangkat di dalam dan luar negeri.”

“Apa yang nantinya dibutuhkan pada kegiatan tersebut, saya akan berkoordinasi dengan SMSI yang ada di Kabupaten Batubara,” ujarnya sembari menyebut Kabupaten Batubara juga memiliki destinasi wisata kuliner yang layak diekspos.

Sementara itu, Ketua SMSI Sumut, Eris J. Napitupulu yang juga Ketua Panitia HPN 2023 SMSI di Sumut, menyampaikan rasa terima kasihnya karena diterima langsung oleh Bupati di Rumah Dinas.

Baca Juga :   Srikandi SMSI Pimpin Ekspedisi Geopark Kaldera Toba

Dijelaskan Erris, Sumatera Utara sebagai tuan rumah HPN 2023 SMSI menggelar Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, di mana agenda tersebut merupakan kegiatan utama pada event tahun ini.

“Selain itu kita juga akan menyelenggarakan Silaturahmi Nasional yang akan dihadiri pemilik media online dari seluruh Indonesia. Sekaligus Pelantikan Pengurus SMSI Sumut periode 2022-2027 di Medan pada 7 Februari 2023,” ujar Erris.

Wartawati senior di Kantor Gubernur Sumut ini juga memaparkan progres pelaksanaan HPN 2023 SMSI. Di antaranya persiapan titik kunjungan wisata di Kabupaten Tapanuli Utara, Samosir, Pematang Siantar dan Serdang Bedagai.

“Sekitar 200 perwakilan pemilik media akan ikut serta mengitari potensi wisata dalam Ekspedisi Geopark Kaldera Toba. Ini untuk mempertahankan Kaldera Toba agar tetap tercatat sebagai kekayaan alam dunia oleh UNESCO,” sebutnya.

Kegiatan ini sambung Erris, diharapkan dapat menarik perhatian Internasional terhadap potensi alam yang dimiliki Sumatera Utara. “Dunia akan melihat betapa luar biasanya kekayaan alam kita (Sumut). Negara luar akan melihat, kita tidak hanya punya Bali, Lombok dan potensi-potensi daerah lain. Terutama Danau Toba, pemerintah telah mencanangkan sebagai Destinasi Wisata Super Prioritas,” ungkapnya lagi.

Baca Juga :   Sekda OKU Selatan Hadiri Pembukaan Uji Kompetensi Assesment

Dalam rangkaian kegiatan HPN 2023 SMSI Sumut itu, sambung Erris, akan dilaksanakan juga pemberian anugerah berupa penghargaan kepada sejumlah pimpinan daerah, termasuk bagi perusahaan umum daerah yang ada di Sumatera Utara.

“Ditanggal 7 Februari 2023, SMSI juga akan memberikan anugrah berupa penghargaan kepada sejumlah pimpinan daerah dan kepada dua (2) BUMD milik Pemprov Sumut,” jelas Erris yang didampingi Penasehat SMSI Sumut Rony Purba, Bendahara Agus S. Lubis, dan Wakil Ketua Bidang OKK Irwan Manalu, Ketua SMSI Kabupaten Batubara Yaser Hambali, dan Sekretaris Fadzlan.

Turut hadir mendampingi Bupati dari Pemkab Batubara, Asisten III Renold Asmara AP SH, Kabagpem Muhammad Yasir, Kadis Kominfo Edwin AS.

Diakhir pertemuan, Bupati Batubara juga menyerahkan plakat kepada Ketua SMSI Sumut, Erris J Napitupulu sebagaiĀ cenderamata.Ā (Ril/Red)