Dusun Madon Kecamatan Salam Ditetapkan Sebagai Kampung Pancasila

Magelang Jateng, wartaterkini.newsDusun Madon, Desa Mantingan, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang ditetapkan sebagai Kampung Pancasila, Minggu (02/10/2022). Penetapan dilakukan oleh Dandim 0705/Magelang diwakili oleh Pabung (Perwira Penghubung Kodim) Mayor Czi Suharto, bertempat di Dusun Madon.

Acara penetapan Dusun Madon sebagai Kampung Pancasila dihadiri oleh Camat Dalam Wiharyanto, S.H., M.M., Danramil 17/Salam Kapten Inf Andi Mulhan, Kapolsek Salam AKP Maryanto. Juga hadir Kepala Desa Mantingan Slamet Teguh Yuwono dan para Kepala Desa se-Kecamatan Salam, serta warga Desa Mantingan Kecamatan Salam.

Baca Juga :  Danramil 04/Windusari Beserta Anggota Ikuti Upacara Bendera di SD Negeri Dampit

Dalam sambutannya, mewakili Dandim Magelang, Pabung Mayor Czi Suharto mengatakan penetapan Kampung Pancasila sebagai tindak lanjut dari Pencanangan Kampung Pancasila. Yang telah dilaksanakan secara serentak se-Kabupaten Magelang pada tanggal 1 Juni 2022 di Kecamatan Salaman oleh Bupati Magelang.

Disampaikan Mayor Suharto, Pancasila yang menjadi dasar kita dalam berbangsa dan bernegara ini kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan penetapan Kampung Pancasila untuk memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa keragaman suku di negara Indonesia ini bisa disatukan dengan Pancasila. Kampung Pancasila ini akan menjadi pelopor untuk menanggulangi radikalisme dan intoleransi di wilayah Magelang,” tegasnya.

Baca Juga :  Hadapi Pencanangan Kampung Pancasila, Forkopimcam Grabag Adakan Rapat Bersama

Dengan dibentuknya Kampung Pancasila di Desa Mantingan ini diharapkan mampu menjadi contoh bagi desa-desa yang lain di Kecamatan Salam dan semua desa di Kabupaten Magelang untuk membentuk Kampung Pancasila lainnya.

Di Kecamatan Salam sendiri, sudah terbentuk 4 Kampung Pancasila dari 12 desa yang ada di Kecamatan Salam. Yaitu di Desa Jumoyo, Desa Somoktero, Desa Tirto dan terakhir hari ini terbentuk di Desa Mantingan.

Baca Juga :  Ratusan Warga Antusias Ikuti Vaksinasi Massal di Gereja Theresia Salam

Penetapan Kampung Pancasila ditandai dengan pemukulan gong oleh Camat Salam, dilanjutkan pemotongan pita dan pemberian Piagam Penghargaan oleh Pabung Kodim 0705/Magelang Mayor Czi Suharto kepada Kepala Desa Mantingan.

Acara dilanjutkan dengan penampilan pentas kesenian Jathilan “Sekar Cempoko Seto” dari Dusun Madon Desa Mantingan. Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar serta mendapat sambutan antusias warga setempat. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini