Dukung UMKM, Kominfo Sediakan Jaringan Internet Berkualitas di Desa

oleh -276 views

Jakarta, wartaterkini.news–Produk industri rumahan (Home Industry) harus dapat diberikan akses ke ruang digital. Melalui sambungan jaringan telekomunikasi yang berkualitas yang dibangun oleh pemerintah atau instansi terkait.

Sehingga, jangkauan penjualannya dapat dioptimalkan hingga lintas kota bahkan ke luar negeri.

Home Industry ini harusnya mendapat akses telekomunikasi berkualitas pada saat ini,” ujar Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adithyo Rizaldi ketika membuka Webinar bertajuk “Sosialisasi Pemanfaatan Infrastruktur TIK Penguatan Ekonomi Digital” pada Kamis (22/4/2021).

Menurut dia, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di dalam negeri banyak yang masih berada dalam level industri rumahan. Khususnya, bagi pelaku UMKM yang berada di luar pulau Jawa dan jauh dari perkotaan yang masih memproduksi produk rumahan.

Baca Juga :  Pemprov Sumsel Siap Dukung Aksi Sosial Kegiatan PWRI

Adanya sokongan nyata telekomunikasi yang berkualitas akan sangat berdampak bagi para pelaku UMKM di atas ketika melakukan kegiatan produktif. Dengan begitu, jaringan telekomunikasi yang berkualitas dibutuhkan untuk menjajakan produknya di dunia digital.

“Masih banyak pelaku UMKM yang Home Industry, seperti yang ada di wilayah Palembang dan sekitarnya. Ini perlu adanya akses internet yang berkualitas,” imbuhnya.

Bobby meyakini, tersedianya jaringan telekomunikasi berkualitas merata di berbagai wilayah berdampak positif bagi perkembangan UMKM. Dengan begitu, banyak masyarakat yang akan merambah ke sektor UMKM digital dalam beberapa waktu.

Baca Juga :  Wujud Kepedulian, Babinsa Koramil 1508-07/Wayabula Bantu Warga Buat Pondasi Pagar Gedung Gereja

“Masyarakat bisa memulai usaha-usaha dari rumahnya sendiri,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Henri Subiakto mengatakan, Kementerian Kominfo telah melakukan kerja sama dalam menyediakan akses telekomunikasi berkualitas. Khususnya, bagi pelaku UMKM yang berada di desa-desa atau dikenal dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Mekanisme, Kominfo menyediakan akses telekomunikasi berkualitas dengan sambungan telekomunikasi dengan menggunakan kabel atau fixes broadband. Hal ini sama dengan berlangganan jaringan telekomunikasi yang dilakukan oleh operator seluler.

Baca Juga :  Bantu Warga Kurang Mampu, IWO Kabupaten Pamekasan Salurkan Bansos

“Ada program milik Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) yang bekerja sama dengan BUMDes,” imbuhnya.

Kerja sama yang dilakukan ini, lanjut Henri, sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam mengembangkan sektor UMKM di masa pandemi. Sehingga, para pelaku UMKM itu dapat melakukan kegiatan produktif melalui rumah, tanpa harus berinteraksi dengan pihak lain.

Dengan demikian, para pelaku UMKM dapat terus tumbuh dengan dukungan nyata dari pemerintah dalam beberapa waktu ke depan. “Memberikan layanan fixed broadband kepada para pelaku UMKM yang membutuhkan,” pungkasnya. (Foto: Kompub PUPR).

Print Friendly, PDF & Email