Senin, Juni 27, 2022
Google search engine
BerandaBeritaDukung Pembangunan, KPK Serius Lakukan Upaya Pencegahan Korupsi di Papua

Dukung Pembangunan, KPK Serius Lakukan Upaya Pencegahan Korupsi di Papua

JAKARTA,Wartaterkini.News–┬áKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menugaskan secara khusus tim untuk melakukan upaya perbaikan dan pencegahan korupsi di Provinsi Papua melalui tim Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah).

“Capaian kinerja Pemprov Papua dapat dilihat melalui MCP (Monitoring Center for Prevention) Korsupgah pada website korsupgah.kpk.go.id. Dapat dilihat, per 11 Januari 2019 perkembangan pelaksanaan rencana aksi Pemprov Papua adalah 58 persen,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Selasa (5/2/2019).

Baca Juga :  Kemenko Polhukam-PWI Bahas Pelaksanaan HPN 2020 di Papua

Menurutnya, upaya KPK melakukan pencegahan itu dilakukan secara serius dalam kerangka mendukung pembangunan di Papua dengan cara mencegah korupsi di berbagai sektor.

“Pembangunan Papua penting bagi kita semua agar dapat dinikmati oleh masyarakat di Papua,” ucap Febri.

Namun, kata dia, jika ada korupsi dalam proses penganggaran, pengadaan, atau kewenangan-kewenangan lain, maka untuk menyelamatkan dan mengurangi dampak kerugian pada masyarakat Papua, menjadi kewajiban penegak hukum termasuk KPK untuk menangani korupsi tersebut.

Baca Juga :  Bupati Muara Enim Diduga Kena OTT Ini Tanggapan Ketua DPD Demokrat Sumsel

“KPK tidak akan toleran terhadap korupsi yang terjadi sepanjang terdapat bukti yang kuat,” tegas Febri.

Ia pun menyatakan bahwa lembaganya memang sedang mencermati sejumlah dugaan korupsi terkait proyek dan anggaran di Papua.

“Namun, tentu KPK belum dapat menyampaikan secara spesifik kasus apa sebagaimana yang ditanyakan pada kami beberapa waktu kemarin. Jika sudah masuk tahapan penyidikan dan memungkinkan disampaikan pada publik, akan kami informasikan sebagai hak publik untuk tahu,” tuturnya.

Baca Juga :  Bupati Orang Pertama Disuntik Vaksin Sinovac Di Labuhanbatu

Febri pun menyatakan bahwa peran dari masyarakat juga sangat penting, mulai dari melaporkan tindak pidana korupsi dan juga mengawasi berjalannya aparatur pemerintah. (Ant Jpp)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Covid-19 Counter

Indonesia
6,080,451
Total Kasus
Updated on 27 June, 2022 1:25 am

Paling Populer

Headline News