Dukung Kesehatan Anak, Dilaksanakan BIAN di Windusari Magelang

Babinsa Desa Wonoroto Serda Durotun Nasikin mengawal kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Desa Wonoroto, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Senin (22/08/2022). (foto: Narwan WT)

Magelang Jateng, wartaterkini.newsMenindaklanjuti program dari kementerian Kesehatan RI tentang pelaksanaan imunisasi secara nasional, dilaksanakan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di seluruh tanah air. Seperti dilakukan di Gedung Serba Guna Desa Wonoroto, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Senin (22/08/2022).

Kegiatan dilaksanakan oleh Puskesmas Windusari dan mendapatkan pengawalan dari Koramil 04/Windusari Kodim 0705/Magelang dengan petugas Babinsa Wonoroto, Serda Durotun Nasikin. Kegiatan yang berlangsung pukul 08.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Kentengsari beserta perangkat, Petugas Kesehatan dari Puskesmas Windusari, Bidan Desa Wonoroto, para Kader Desa Wonoroto.

Baca Juga :  Pastikan Tepat Sasaran, Babinsa Pantau Pembagian BLT DD

Babinsa Desa Wonoroto Serda Durotun Nasikin mengatakan jenis imunisasi yang diberikan pada kegiatan BIAN tersebut adalah jenis Campak Rubella/Measles Rubella (MR), DPT, IPV, dan OPV. Sedangkan jumlah peserta BIAN adalah anak usia 9-59 bulan dengan jumlah peserta 150 anak.

“Namun ada dua anak yang ditunda imunisasinya karena sedang menderita batuk pilek,” katanya.

Dihubungi terpisah, Komandan Koramil 04/Windusari Kapten Inf Winarya mengatakan pihaknya terus turut mengawal kegiatan Pemerintah, salah satunya adalah kegiatan bertahap BIAN dari Kementerian Kesehatan. Dikatakan  imunisasi bagi anak sangat penting untuk kesehatan anak dalam masa tumbuhkembangnya.

Baca Juga :  Awal Tahun 2020, Pemkab Morotai Kembali Roling Pejabat Eselon II, III dan IV 

“Pemberian imunisasi terbukti melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya, sehingga anak lebih sehat dan lebih produktif. Bahkan tidak hanya itu, manfaat dari imunisasi jauh lebih besar dibandingkan dampak yang ditimbulkan di masa depan,” ujar Kapten Winarya.

Sementara Kepala Puskesmas Windusari drg. Rury Suryani melalui sambungan WhatsApp mengatakan pihaknya selalu menggandeng instansi terkait dalam pelaksanaan program kesehatan di perdesaan. Termasuk dalam kegiatan BIAN di wilayah Windusari.

Dijelaskan drg. Rury. pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) adalah upaya Kementerian Kesehatan menutup kesejangan imunitas kesehatan di masyarakat dampak dari pandemi Covid-19. BIAN dilaksanakan selama satu bulan, bertahap di seluruh provinsi Indonesia.

Baca Juga :  KKP Tindak Tegas Kapal Ikan yang Beroperasi Ilegal di Natuna

“Dengan terselenggaranya kegiatan BIAN termasuk di Windusari ini, kita harapkan kekebalan masyarakat terbentuk. Sehingga pada akhirnya bisa mencapai eliminasi Campak-Rubela. Selainj itu, mempertahankan status Indonesia Bebas Polio, mempertahankan eliminasi tetanus pada ibu hamil dan bayi baru lahir serta mengendalikan penyakit difteri dan pertussis,” terang drg. Rury Suryani. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini