Dua Tahun Tak Digelar, Ribuan Warga Desa Sipatuhu Meriahkan Karnaval HUT RI Ke-77

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Beragam cara dilakukan warga di kabupaten OKU Selatan untuk memeriahkan HUT ke 77 Republik Indonesia. Mulai dari karnaval atau pawai pembangunan hingga perlombaan digelar di sejumlah desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Salah satunya di desa Sipatuhu, kecamatan Banding Agung, pemerintah desa Sipatuhu selain menggelar upacara HUT RI Ke-77 dan berbagai perlombaan juga mengelar karnaval. Pawai atau karnaval yang digelar diikuti seluruh warga dari anak-anak hingga orang dewasa.

Para peserta terlihat antusias mengikuti karnaval yang sempat ditiadakan karena pandemi COVID-19 tengah melanda Indonesia dua tahun terakhir. Beragam cosplay dikenakan warga sebagai bentuk perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-77 RI ini.

Baca Juga :  Meriahkan HUT RI ke-77 Pemdes Karang Agung Gelar Karnaval

“Kegiatan ini rutin kami gelar setiap tahunnya untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Warga kami dari dusun 1-9 berlomba-lomba untuk menampilkan kreativitasnya,” ungkap Kepala Desa Sipatuhu, Abdul Jalal. Sabtu (20/08/2022).

Dikatakan Abdul Jalal, karnaval menjadi agenda favorit warga Desa Sipatuhu Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan. Oleh karena itu pada setiap tahunnya desa Sipatuhu menggelar karnaval tingkat desa.

“Karnaval Desa Sipatuhu ini diadakan berkat kerja sama pemerintah desa yang dibantu oleh karang taruna, pihak sekolah dan masyarakat desa”, jelas Kepala Desa

Baca Juga :  Ratusan Orang Tua Berebut Masukkan Anaknya Ke SMK Negeri 3

Nampak ribuan masyarakat tak mau ketinggalan melihat penampilan kurang lebih 19 kelompok peserta yang terdiri dari kelompok umum, Ormas dan sekolah.

Berbagai kreasi seperti dari patung raksasa yang memerankan berbagai tokoh serta profesi tampak mengenakan berbagai macam kostum, seperti busana adat, fashion kreasi, pejuang, kostum hantu dan pakaian dinas kerja.

Tak ketinggalan, aktraksi peserta group drum band dari sekolah dasar (SD) yang cukup menghibur warga dari siang sampai sore hari.

Tak hanya itu, aktraksi kuda lumping dan pencak silat memperagakan seni bela diri khas nusantara.

Baca Juga :  Serma Mansuryadi Jadi Danup HUT RI Ke-77 di Desa Tambung

Selain itu pantauan di lokasi peserta karnaval berkumpul di lapangan sepakbola desa Sipatuhu mulai pukul 08:00 WIB dan berjalan sepanjang rute yang telah di tentukan dari ujung utara sampai ujung selatan.

Adanya karnaval ini juga menyedot animo warga untuk menyaksikan di sepanjang jalur yang akan dilintasi. Tak hanya itu, pengguna jalan yang tengah melintas memilih berhenti untuk melihat keseruan penampilan peserta.

Sementara itu di panggung kehormatan nampak terlihat Kepala Desa Sipatuhu, Personil Polsek Banding Agung dan jajaran pemerintah desa setempat untuk menyapa para peserta karnaval. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini