Sabtu, Januari 29, 2022
Google search engine
Google search engine
BerandaBeritaDua Kecamatan Tak Kirim Perwakilan Ketua TP PKK OKUS Kecewa

Dua Kecamatan Tak Kirim Perwakilan Ketua TP PKK OKUS Kecewa

OKU Selatan wartaterkini.news–Ada 2 Kecamatan yang tidak ikut serta dalam kegiatan Pelaksanaan pembukaan lomba Rudat tingkat Kabupeten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan yang dilaksanakan di Gedung Dewan Kesenian Kabupaten OKU Selatan pada hari Selasa (15/10).

Kegiatan ini diselengarakan dari Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekertariat Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Selatan yang berkerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Selatan dan Majelis Taklim Arraudah.

Yang diikuti oleh peserta dari masing – masing kecamatan yang ada di Kabupaten OKU Selatan, dalam satu gerup menyertakan 15 – 20 Orang sebagai peserta lomba Rudat.

Peserta lomba Rudat tingkat Kabupten ini merupakan hasil pemenang dari lomba tingkat kecamatan yang dilakukan pada bulan September kemarin dari 19 kecamatan. Namun sungguh disayangkan ada 2 kecamatan yang tidak mengikuti pagelaran lomba  tersebut di antaranya kecamatan Buana Pemaca dan kecamatan Tiga Dihaji.

Baca Juga :  Paripurna Istimewa Suharto Ditetapkan Sebagai Pimpinan DPRD Kabupaten OI

Saat dikonfirmasi tentang ketidak hadiran dari kedua kecamatan kepada salah satu Camat, yakni camat Buana pemaca Hairil Anwar yang pada saat kegiatan tidak mengirimkan perwakilanya mengatakan, sebelumnya dalam pemberitauan yang ditujukan kepada seluruh camat dan para peserta lomba itu ada batasan usia maksimal usia 35 tahun.

Namun saat pelaksanaan kegitan penampilan para peserta terlihat banyak yang usianya sudah lebih dari sarat yang ditentukan. apa bila kegitan ini berjalan sebagaimana yang direncanakan sebelumnya tentunya kami akan mengirimkan peserta, ‘ ungkapnya.

Beberapa camat yang dikonfirmasi terkait pengiriman peserta lomba Rudat yang diselenggarakan Pihak Kesra ini mengatakan sebelumnya memang sudah direncanakan dan sudah masuk di dalam Angaran pembelanjaan daerah ( ABPD) dan masing – masing kecamatan sudah ada Daftar penggunaan Anggaranya ( DPA) untuk pengiriman persertaa seleksi dan pelatihan di tingkat kecamatan, hingga waktu pelaksanaan kegiatan lomba Rudat ditingkat kabupaten ini. ‘ terang beberapa camat.

Baca Juga :  Kejaksaan Negeri OKU Musnahkan Barang Bukti Kasus Kejahatan dan Narkoba

Kepala bagian (Kabag) Kesra Drs, Zakwani selaku Panitia kegitan menerangakan, sebelumnya sudah ada surat pemberi tahuan kepada masing – masing kecamatan terkait batasan usia untuk mengikuti kegiatan lomba Rudat tingkat Kabupaten yang diselenggarakan hari ini.

Namun masih ada terlihat para peserta dari masing – masing kecamatan yang mengikut sertakan peserta lebih dari batas usia yang ditentukan, tentunya kami selaku panitia akan melakukan penilai melalui panitia dan Tim juri sebagai penilai dalam penampilan para peserta.

Apabila ada peserta yang usianya lebih dari batas yang ditentukan, pihak panitia tidak melarang mereka untuk menampilkan penampilan mereka, tetapi panitia sudah ada penilai khusus yang akan diambil sebagai pemenang,’ terangnya.

Baca Juga :  Kontras Buka Posko Pengaduan Kekerasan Terhadap Mahasiswa Pendemo

Isyana Lonetasari Popo Ali, Amd selaku Ketua TP. PKK sekaligus Ketua Dewan Kesenian menanggapi serius tentang tidak kehadiran kedua kecamatan dalam lomba Rudat yang diselenggarakan ini. Perlu di garis bawahi prodak adat Rudat ini sudah hampir memudar kita ingin Rudat akan terangkat kembali.ujarnya.

“Kami sangat menyayangkan terhadap 2 Kecamatan yang tidak ikut serta ini, karena yang jauh saja bisa datang sementara yang tidak ikut tersebut termasuk dekat kenapa tidak mengirimkan peserta perwakilannya”disayangkannya.

Kami perlukan Adat Rudat ini di hidupkan kembali untuk mencari generasi penerus. Maka kami meminta yang muda untuk melahirkan bibit yang baru lagi untuk menghidupkan adat Rudat ini.

Adat rudat ini sendiri memiliki manfaat yang baik lantaran memiliki makna islami yang akan meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,’ tandas Isyana. ( Suardi/Red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine

Covid-19 Counter

Indonesia
4,330,763
Total Kasus
Updated on 29 January, 2022 1:26 pm

Paling Populer

Headline News