Dr Bahri Lantik Pengurus dan Ketua NPC Mubar

Mubar Sultra, wartaterkini.news–Pj Bupati Mubar, Bahri resmi melantik kepengurusan National Paralympic Committe (NPC) Kabupaten Muna Barat (Mubar) periode 2022-2027, yang dilaksanakan di aula kantor bupati, Senin (15/8/2022).

Direktur Perencanaan Keuangan Daerah, Kemendagri ini mengungkapkan bahwa NPC Mubar ini adalah satu-satunya organisasi yang menaungi prestasi disabilitas, sehingga atlet disabilitas dapat mengharumkan nama daerah di berbagai event.

Kata Bahri, berbicara terkait olahraga ini telah diatur dalam Undang-undang nomor 11 tahun 2022 dan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 86 tahun 2021 tentang desain besar olahraga nasional (DBON). Dimana, pada pasal 6 setiap warga negara mempunyai hak yang sama melakukan kegiatan olahraga sampai memperoleh penghargaan kegiatan olahraga.

Baca Juga :  Peringati HPN Ke-76, Presiden: Media Mainstream Harus Cepat Bertransformasi 

Sementara, pada pasal 7 yakni warga negara yang memiliki disabilitas fisik, intelektual, mental mempunyai hak dalam pelayanan kegiatan olahraga sesuai kebutuhan harkat dan martabatnya.

“Jadi atas dasar ini, kami (Pemkab) melantik kepengurusan NPC Mubar periode 2022-2027. Saya ucapkan selamat kepada seluruh pengurus NPC Mubar yang baru saja dilantik, semoga dunia olahraga disabilitas Mubar dapat berjaya dan mengharumkan nama daerah,” kata Bahri.

Baca Juga :  Peserta Sail To Indonesia Disuguhkan Tarian Tradisional Berbagai Suku Yang Ada di Mubar

Untuk itu, Bahri berharap dengan dilantiknya kepengurusan NPC Mubar dapat membina dan pelatihan olahraga difabel serta mengusahakan peningkatan prestasi dan kesejahteraan atlet.

Selain itu, NPC Mubar juga dapat merangkul disabilitas dan menjadi wadah untuk mencetak prestasi yang mengangkat nama baik daerah.

“Saya berharap pembinaan dan pelatihan segera dilaksanakan. NPC dapat berkoordinasi dengan Dispora, cabang olahraga apa saja yang akan dilakukan pembinaan dan pelatihan ini,” ungkapnya.

Dalam mendukung program pemerintah ini, Pemkab Mubar siap menyiapkan sarana dan prasarana dalam rangka pembinaan dan pelatihan NPC ini.

Baca Juga :  OKI Raih Predikat ‘BAIK’ Penilaian Sistem Merit dari KASN

Nantinya, jika NPC Mubar ini dapat mengharumkan nama daerah saat mengikuti perlombaan olahraga akan diberikan penghargaan.

Bahri memerintahkan pengurus NPC berkoordinasi dengan Dispora Mubar untuk melakukan identifikasi byname and byadreas disabilitas dan cabang olahraga yang bisa diikutinya. Agar ke depannya, Mubar bisa terkenal dari olahraga disabilitasnya.

“Saya menaruh harapan besar, prestasi olahraga khususnya disabilitas di Mubar dapat berjaya,” harapnya. (La Ode Amsir/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini