DPRD OKU Selatan Gelar Rapat Paripurna Pertanggungjawab Bupati

oleh

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan gelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian Raperda tentang pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten OKU Selatan Tahun Anggaran 2020. Rabu (16-06-2021).

Rapat Paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD OKU Selatan Heri Martadinata,S.E, dihadiri Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir,SP.,M.Si.,  juga Wakil Ketua DPRD dan anggota DPRD, Sekretaris Daerah, Para Asisten, Para Kepala OPD, Para Camat serta Kepala Kantor, Kepala Bagian Setda OKU Selatan serta undangan lainnya.

Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir dalam laporan pertanggung jawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) mengatakan bentuk laporan keuangan daerah antara lain berupa laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, laporan neraca, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan daerah.

Baca Juga :  Rencanakan Pelantikan DPRD Terpilih 19 Agustus 2019, Sekwan OKU Selatan Lakukan Persiapan

Dikatakannya kabupaten OKU Selatan tahun anggaran 2020 yang telah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK-RI Provinsi Sumatera-Selatan tanggal 05 Mei  2021 Nomor :24.A/ LHP/ XVIII.PLG /05/2021.

Setelah melakukan pengujian terhadap Laporan Keuangan, Sistem Pengendalian Intern dan kepatuhan terhadap Peraturan Perundang-Undangan terkait dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Tahun Anggaran 2020, Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia memberikan Opini yang sangat membanggakan, yaitu Opini wajar tanpa pengecualian.

Baca Juga :  Bupati dan Segenap Tokoh Masyarakat Kabupaten OKU Selatan Tolak Segala Bentuk Kerusuhan

“Opini “Wajar Tanpa Pengecualian” ini untuk ke 7 (tujuh) kalinya kita raih secara berturut-turut. Opini ini merupakan predikat tertinggi dalam pengelolaan keuangan. Prestasi ini telah kita pertahankan dengan penuh kerja keras dan komitmen dalam menertibkan pengelolaan keuangan dan aset yang kita miliki”,jelas Wabup

Lebih lanjut Wabup mengatakan opini Wajar Tanpa Pengecualian yang kita raih merupakan keberhasilan bersama Pemerintah Kabupaten dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

Baca Juga :  Jelang Pilkades Serentak, Pemkab OKU Selatan Ingatkan Panitia Terapkan Prokes Ketat dan Jurdil

“Keberhasilan ini juga berkat dukungan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah , dan tentu saja dukungan dari para Dewan yang terhormat dalam proses Penyusunan dan Pengawasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang selalu berada dalam koridor Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku”,katanya

Laporan Keuangan ini disajikan secara lengkap, sebagai wujud akuntabilitas dan kesungguhan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan untuk mempertanggungjawabkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020 secara transparan.

Selain itu ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam rancangan peraturan daerah tentang pertanggung jawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020. (Red)

Print Friendly, PDF & Email