Rabu, Juni 29, 2022
Google search engine
BerandaBeritaDPMD Morotai Diminta Evaluasi Panitia Pilkades Gorua Selatan

DPMD Morotai Diminta Evaluasi Panitia Pilkades Gorua Selatan

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pulau Morotai diminta untuk segera mengevaluasi Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tingkat Desa Gorua Selatan, Kecamatan Morotai Utara.

Desakkan evaluasi Panitia Pilkades tingkat desa ini lantaran di diduga tidak transparansi dalam pelaksanaan Pilkades di Desa Gorua Selatan.

Kuasa Pendamping Cakades 01, Julham, kamis (28/04/2022) mengungkap bahwa Panitia Pilkades Gorua Selatan dalam pemungutan suara yang digelar pada 29 Maret 2022 kemarin, sengaja melibatkan pemilih siluman alias bukan warga Desa Gorua Selatan (KTP Desa lain) ikut Pilkades di Desa Gorua Selatan.

Baca Juga :  Pemda Pulau Morotai Mengucapkan HUT Bayangkara Polres Pulau Morotai Ke-73

Selain itu, kata Julham. Panitia Pilkades Gorua Selatan juga diduga tidak terbuka dalam proses validasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Desa Gorua Selatan.

“Dalam pleno DPT Panitia hanya menyebut jumlah dari DPT tanpa membaca satu persatu nama pemilih yang berada di dalam DPT,” ungkapnya

Menurut Julham, seharusnya sebelum proses penetapan DPT. Panitia Pilkades memberikan informasi salinan DPT kepada Calon Kepala Desa (Cakades) untuk di validasi, namun yang terjadi adalah salinan DPT di berikan setelah besoknya pemilihan.

“Padahal dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 06 Tahun 2017 tentang Pemilihan Kepala Desa sebagai dasar rujukan Pilkades Serentak di Pulau Morotai, jelas di atur dalam Pasal 17 ayat tentang larangan bagi Panitia Pilkades. dan Pasal 18 Pragraf 2 ayat 2 huruf d, menjelaskan bahwa pemilih yang di ikut sertakan sekurang-kurangnya enam bulan berdomisili di desa setempat dan ber-KTP di desa setempat,” ujar Kuasa Pendamping Cakades 01.

Baca Juga :  Amankan Pilkades Serentak, Polres OKU Selatan Turunkan 345 Personil

Merajut pada Perda tersebut, ia menilai adanya dugaan pelanggaran yang di buat oleh Panitia Pilkades Desa Gorua Selatan, karena bertentangan dengan asas demokrasi jujur, transparansi dan adil.

Untuk itu, pihaknya meminta DPMD dan Panitia Pilkades tingkat Kabupaten segera memberikan evaluasi atau sanksi pemecatan terhadap panitia Pilkades Desa Gorua Selatan sesuai dengan Pasal 17 ayat 4 Perda No 06 Tahun 2017 tentang Pilkades Morotai.

Baca Juga :  Bangun Kebersamaan, Tonny Laos Berikan Bantuan Al-Qura'an dan Alkitab di Rumah Ibadah

“Dari persoalan ini, kami telah melayangkan surat gugatan kepada Tim Penyelesaian Sengketa Pilkades Morotai, dan kemarin sudah mulai disidangkan,” bebernya

Sekedar diketahui, Pilkades di Desa Gorua Selatan yang dilaksanakan pada 29 Maret 2022 tersebut. Cakades 01 Jabur Ano berhasil meraih 190 suara dan Cakades 02 Muhammad Pagaya meraih sebanyak 200 suara.
buy sinequan online salempregnancy.org/wp-content/languages/new/buynoprescription/sinequan-no-prescription.html no prescription

(Endi/Red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Covid-19 Counter

Indonesia
6,080,451
Total Kasus
Updated on 27 June, 2022 1:25 am

Paling Populer

Headline News