Sabtu, Januari 29, 2022
Google search engine
Google search engine
BerandaBeritaDokumen Hasil Seleksi Cakades Morotai Diduga Terindikasi Dipalsukan

Dokumen Hasil Seleksi Cakades Morotai Diduga Terindikasi Dipalsukan

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news – Anggota DPRD Kabupaten Pulau Morotai, Irwan Soleman menduga dokumen hasil seleksi Calon Kepala Desa yang diumumkan Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tingkat kabupaten Morotai beberapa waktu lalu terindikasi pemalsuan dokumen.

“Soal hasil seleksi Cakades Morotai, dan tandatangan Prof. Dr Husen Alting (Ketua Tim Seleksi Cakades) saya menyampaikan ada indikasi dipalsukan,”kata Irwan kepada awak media, rabu (17/11/2021)

Enta siapa yang melakukan, sejauh ini pihaknya belum mengetahui akan tetapi tindakan pemalsuan dokumen berupa tandatangan adalah tindakan Pidana yang seharusnya dilakukan forensik oleh pihak yang berwajib.

“Saya memandang ini soal status seorang profesor jika ada oknum yang sengaja memalsukan tandatangan, hal ini sangat disayangkan.”lanjut Irwan saat di temui awak media di Kantor DPRD Morotai.

Menurut Anggota DPRD bertitel Magister Hukum ini, Kapasitas seorang profesor seharusnya diketahui oleh publik, tidak sembarang orang yang menjiblak tandatangan seorang profesor atau doktor yang statusnya sebagai akademik.

Baca Juga :  Ini Hasil Hearing terkait Kendala Galian Pipa PDAM Yang Melintasi Area TNI AU Leo Wattimena

Ia pun menegaskan bahwa jika ada oknum yang sengaja menjiblak tandatangan seorang profesor maka segera di forensik dan ditindaklanjuti sesuai prosedur Hukum.

“Tindak Pidana ini ada variannya, yang lebih jelasnya bisa dilihat dalam Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP), jika terbukti maka yang bersangkutan bisa dijerat sesuai dengan KUHP.”tegasnya

Irwan juga meminta agar persoalan ini penting diseriusi, apalagi soal tandatangan seorang profesor. “Saya juga dari Kampus sehingga saya memandang penting tandatangan seorang Profesor atau Doktor karena bukan hanya semata-mata soal status akademik di kampus,”tuturnya

Disamping itu, ia menjelaskan bahwa untuk meruba keaslian data (Hasil Seleksi Cakades) semestinya tidak bisa seorang pun yanh meruba data yang otentik kemurniannya, ketika keaslian data yang diberikan oleh seorang Profesor kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Morotai, seharusnya DPMD lebih berhati-hati karena saat ini adalah era digital, sehingga orang sangat memungkinkan mengakses data melalui Internet.

Baca Juga :  KM Ganda Nusantara 06, Kadishub: Daruba - Posi Posi Rao Tiket Gratis Tanpa Dipungut Biaya

“Saya juga menyarankan kepada Pihak DPMD atau pihak-pihak terkait agar segera mengusut persoalan ini karena terdapat kerugian, misalnya si A yang seharusnya lolos tapi karena perubahan data maka si A menjadi tidak lolos,”pungkasnya

Menurut Potitisi Partai Gerindra, soal administrasi, semestinya, ada ikhtiarkan oleh Panitia Pilkades tingkat Kabupaten.

“Idealnya saat data hasil seleksi yang disodorkan oleh Profesor kepada DPMD atau panitia Pilkades Kabupaten, seharusnya dibarengi dengan berita acara penyerahan supaya ada legitimasi penyerahan dokumen dari pihak pertama ke pihak kedua atau ada pembuktian secara administrasi.”bebernya

Diketahui, sebelumnya pada senin (15/11/2021) lalu, puluhan Cakades Morotai mendatangi Kantor DPMD Morotai guna meminta penjelasan terkait dugaan kecurangan data hasil seleksi Cakades yang diumumkan oleh Panitia Pilkades Kabupaten, lantaran para Cakades menemukan dua data hasil seleksi yang berbeda.

Baca Juga :  Pecinta Alam SMA Labschool Kebayoran Jakarta Selatan Bantuan Masjid Al Mutaqin Desa KoloraiĀ 

Saat itu, Parto Sumtaki yang juga Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten menanggapi bahwa terkait dua data hasil seleksi Cakades, hal tersebut bukan kewenangan Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten.

Parto bersikeras, bahwa data yang dimiliki para Cakades bukan berasal dari Panitia Pilkades Kabupaten, bahkan data hasil seleksi Cakades yang dimiliki Panitia Pilkades Kabupaten merupakan data asli karena diberikan langsung oleh DPMD Morotai melalui Prof Husen Alting.

“Terkait data hasil seleksi Cakades, kami sudah jelaskan bahwa data itu bukan punya kami, kami tetap mengatakan bahwa punya kami itu asli karena diberikan langsung oleh DPMD,”tandas Parto (Endi/Red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine

Covid-19 Counter

Indonesia
4,330,763
Total Kasus
Updated on 29 January, 2022 12:26 pm

Paling Populer

Headline News