DLHK Bener Meriah Perlu Lebih Giat Atasi Sampah di Wilayah

oleh

BENER MERIAH ACEH, wartaterkini.newsDinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Bener Meriah sepertinya belum maksimal mengatasi persoalan sampah di wilayah. Sehingga perlu lebih giat dalam mengevakuasi tumpukan sampah yang ada di beberapa wilayah di Kabupaten Bener Meriah.

Seperti amatan wartawan pada Kamis (19/01/ 2023) di jalan Kampung Rembele Kabupaten Bener Meriah masih terdapat tumpukan sampah yang hingga saat ini belum ditangani oleh pihak Dinas Kebersihan setempat.

Sampah yang menumpuk dan berceceran sebagian besar sampah rumah tangga yang dibungkus kantung plastik. Kemudian sampah diapers (popok) bekas, karung bekas, pakaian bekas, beragam plastik yang bercampur baur bahkan bangkai tikus.

Baca Juga :   UNIMMA Bersinergi Dirikan PKU Muhammadiyah Grabag

Menurut keterangan Rizal salah satu warga terdekat lokasi, warga atau aparat Kampung Rembele sudah sering melarang warga atau orang lain kampung untuk tidak membuang sampah di tempat itu.

“Namun warga dari luar kampung ini tetap saja selalu menjadikan alternatif pembuangan sampah di situ hingga sampai sekarang,” terangnya.

Sampah di pingir jalan Kampung Rembele yang berdekatan dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) Pausangan menjadi pemandangan sehari-hari yang tidak sedap dilihat.

“Jika musim hujan kerap aroma busuk sangat menyengat dan sampah berceceran ke jalan karena tidak diangkut dinas terkait. Hal itu sudah sangat mengganggu aktivitas pengguna jalan yang melintas,” imbuhnya.

Baca Juga :   Tingkatkan Dunia Pendidikan, Bupati Askolani Resmikan Gedung SMP N 1 Banyuasin III

Menurut Rizal lokasi itu memang merupakan tempat pembuangan sampah yang juga berada di pinggir sungai Pausangan jalan Kampung Rembele Kabupaten Bener Meriah,” paparnya.

Warga meminta kepada pihak instansi terkait agar masalah sampah yang dibuang sembarangan seperti di Kampung Rembele itu supaya cepat di tangani.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Bener Meriah, Susnaini, S.Ag saat dikonfirmasi mengenai sampah ini sedang mengikuti pendidikan di Lemhamnas. Dia mengarahkan untuk konfirmasi lebih lanjut kepada Kabid Kebersihan, jawabnya singkat melalui pesan WhatsApp-nya.

Baca Juga :   HPN 2023 Bupati Nikson Nababan: Taput Siap Sambut Ekspedisi Toba

Kepala DLHK Kabupaten Bener Meriah melalui Surahman, S.IP., MAP kepada wartawan saat dikonfirmasi terkait sampah di Kampung Rembele mengatakan mobil pengangkut sampah dari DLHK tidak masuk sampai di lokasi dimaksud.

“Terkait sampah di wilayah itu bukan tupoksi di dinas kami, melainkan tugas dari Kepala Kampung Rembele itu sendiri,” ucapnya.

Kita berharap pihak Kepala Kampung berkoordinasi dengan pihak dinas. Seharusnya pihak kampung bekerja sama dengan dinas supaya ke depan kita masukan mobil pengangkut sampah ke Kampung Rembele tiga kali dalam seminggu,” ujar Surahman. (Charim/Red)