Diskominfo Sumsel Gelar Sosialisasi SP4N-LAPOR! di Lubuk Linggau

Lubuk Linggau,wartaterkini.news– Para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kota Lubuk Linggau bersama sejumlah Tokoh Masyarakat Kota Lubuk Linggau nampak antusias mengikuti dialog publik dan sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional, Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di Ruang Rapat Moneng Sepati Kantor Sekretariat Daerah Kota Lubuk Linggau, Jum’at (30/11/2018).

Dialog publik dan sosialisasi dengan tema “Peningkatan Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemanfaatan Pelayanan Pengaduan Publik melalui SP4N-LAPOR!” itu menghadirkan narasumber diantaranya Asisten Pratama Ombudsman RI Provinsi Sumsel, Agung Pratama, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumsel yang diwakili oleh Kepala Seksi Pengelola Opini dan Aspirasi Publik,Rosa Linda, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Kota Lubuk Linggau, Kahlan Bahar dan Sekretaris Dinas Kominfo Kota Lubuk Linggau, Adi Irawan.

Rangkaian acara diawali dengan sosialisasi SP4N-LAPOR! dengan narasumber dimulai dari Asisten Pratama Ombudsman RI Provinsi Sumsel, Agung Pratama yang menjelaskan bahwa SP4N-LAPOR! dikelola dan dikembangkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama Kementerian Dalam Negeri, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman Republik Indonesia sebagai saluran partisipasi masyarakat untuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik di Indonesia.

Baca Juga :  Bus Medan jaya Seruduk Sepeda Motor, Satu Orang Tewas Di Tempat

“Layanan pengaduan online ini telah didesain sebagai sebuah sistem yang fleksibel, adaptif dan akomodatif sehingga akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan dilengkapi dengan sistem pemantauan status pengaduan, sehingga apabila ada pengaduan yang tidak direspon maka dapat dilimpahkan kepada Ombudsman sesuai dengan ketentuan UU Ombudsman”, terang Agung Pratama.

Ditambahkan Kepala Seksi Pengelola Opini dan Aspirasi Publik, Diskominfo Provinsi Sumsel, Rosa Linda mengatakan, SP4N-LAPOR! adalah sistem yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggara dalam kerangka sistem informasi pelayanan publik yang dibentuk untuk menjamin hak masyarakat agar pengaduan dari manapun dan jenis apapun disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang.

Dengan penanganan pengaduan yang efektif dan memberikan penyelesaian bagi masyarakat akan berkontribusi langsung terhadap perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik dan memperkuat fungsi pelayanan publik. Selain itu pemanfaatan SP4N-LAPOR! dapat mencegah terjadi nya tindak pidana korupsi, mengurangi konflik sehingga membantu terciptanya rasa aman di tengah-tengah masyarakat.

“SP4N-LAPOR! Provinsi Sumsel sendiri tahun ini sudah masuk Top 25 terbaik se-Indonesia berdasarkan evaluasi dan penilaian melalui kompetisi SP4N-LAPOR! tahun 2018 yang diselenggarakan Kementerian PAN-RB. Kita harapkan, melalui sosialisais yang kedua kita laksanakan di Lubuk Linggau ini dapat mendorong pengintegrasian pengelolaan SP4N-LAPOR! di Sumsel”, ujar Rosa Linda.

Baca Juga :  Suparman Edy Ke IRS: Jangan Jadi Sosok Sengkuni dan Durna

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo Kota Lubuk Linggau Adi Irawan mengatakan, terkait pengelolaan SP4N-LAPOR! di Lubuk Linggau saat ini sudah terhubung dengan pusat. Hal tersebut seiring dengan visi misi Walikota Lubuk Linggau yakni Lubuk Linggau Metropolis dan Madani.

Pihaknya juga sudah mengajukan SK (Surat Keputusan) Wali Kota Lubuk Linggau tentang susunan tim pengelolan SP4N-Lapor! hingga pejabat penghubunnya pada OPD dilingkungan Pemerintah Kota Lubuk Linggau. “Alhamdulillah, kedepan kita akan terus berbenah dengan didukung seluruh OPD, jadi bukan Kominfo saja melainkan akan dilibatkan semua”, ujarnya.

Setelah pemaparan acara dilanjutkan dengan dialog tanya jawab. Para pimpinan OPD dan Tokoh Masyarakat Lubuk Linggau yang hadir sangat  menyambut baik sosialisasi SP4N-LAPOR! yang digelar. Pasalnya, masyarakat Lubuk Linggau memiliki cukup banyak aspirasi yang belum tersampaikan terkait pelaksanaan pelayanan publik di daerahnya.

Seperti halnya diungkapkan tokoh masyarakat Lubuk Linggau, Rizal yang menyampaikan aspirasinya terkait masih banyaknya hambatan-hambatan dialami masyarakat dalam pelayanan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dilaksanakan Disdukcapil dan termasuk juga pelayanan pajak kendaraan di Samsat Kota Lubuk Linggau. Hal serupa juga diungkapkan Daryono yang  menyampaikan aspirasinya terkait pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Siti Aisyah Kota Lubuk Linggau.

Baca Juga :  200 Seniman di Kota Bengkulu Terakomodir Dapatkan Bantuan

Laporan dari para tokoh masyarakat itu langsung direspon dan ditanggapi oleh narasumber dan tim pengelolan SP4N-LAPOR! Provinsi Sumsel dengan memberikan arahan dan bimbingan agar dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduannya melalui sarana yang dapat diakses melalui Situs www.lapor.go.id,  bisa juga melalui SMS dengan Ketik sumsel (Spasi) isi laporan, kirim ke 1708 atau melalui media sosial Instagram @Lapor_sumsel, Twitter @Payo Lapor! Sumsel, dan Facebook Payo Lapor! Sumsel.

“Inilah gunanya SP4N-LAPOR!, jadi masyarakat bisa menyampaikan langsung aspirasi maupun laporan pengaduan pelayanan publik di daerahnya dengan ketentuan pengaduan yang dapat diakses kapan pun dan dimanapun. Jadi Kominfo disini mejebatani agar laporan yang disampaikan masyarakat dapat segera ditanggapi dengan cepat oleh instansi terkait seperti tentang pelayanan kesehatan, pelayanan KTP dan KK dan pelayanan Samsat yang tadi disampaikan tokoh masyarakat Lubuk Linggau,” ungkap Gita dari tim SP4N-LAPOR! Sumsel. (AD/Cly/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini