banner 728x250

Dishub Beberkan Strategis Keselamatan Lalu Lintas Jelang Nataru

Kaltara, wartaterkini.news–Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) bekerjasama dengan sejumlah instansi terkati menggelar Inspeksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Ramp Check). Hal ini dilakukan dalam upaya persiapan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Dalam rangkaiannya, juga dilakukan pemeriksaan narkoba (tes urine) kepada pengemudi Bus Damri, serta pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltara H. Andi Nasuha mengatakan, Pemprov Kaltara bertekad memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tujuannya, untuk mewujudkan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan jelang Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024.

Baca Juga :   Harnus 2023 Momentum Perkenalkan Tidore Kepulauan Ke-Dunia

Ia menjelaskan sejumlah strategi untuk mewujudkan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan. Salah satunya, melakukan koordinasi secara intensif dengan seluruh stakeholder serta melakukan pembagian tugas dan peran antar lintas sektoral.

Strategi lainnya, adalah melakukan inspeksi keselamatan ramp check terhadap seluruh armada angkutan umum baik darat, laut dan udara lebih awal dan dilakukan secara menyeluruh.

“Kita melaksanakan rangkaian kegiatan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan. Rangkaian acara dimulai dari 15-18 Desember 2023,” jelasnya.

Ia mengatakan manfaat yang didapatkan dalam inspeksi, salah satunya adalah sinergitas antar instansi dalam mewujudakan penyelenggaraan angkutan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 yang aman, selamat, lancar dan tertib.

Baca Juga :   Terkait Ini.! FAP Minta Direktorat Jenderal Migas, Dirut dan Komisaris Pertamina Copot dan Evaluasi Kinerja FM dan HSE

“Peserta pelaksanaan inspeksi keselamatan, dapat kami sampaikan bahwa hasil pemeriksaan inspeksi terhadap bus angkutan umum damri sejumlah 7 unit dinyatakan lulus uji dan dinyatakan laik jalan serta hasil tes urine terhadap para pengemudi Bus Damri dinyatakan negatif dalam arti tidak terdapat satupun terindikasi penyalahgunaan narkotika diharapkan dari semua rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan keselamatan dalam pelayanan angkutan umum,” kata Andi Nasuha.

Oleh sebab itu, dengan pemeriksaan yang dilakukan yaitu meliputi kaca, lampu, rem kemudi, klakson, hingga roda. Termasuk petugas juga yang secara detail memeriksa ban pada Bus Damri.

Bidokes Polda Kaltara IPDA dr. Agung Nurwahyudi Putra mengatakan dari tim pemeriksa kesehatan mulai dari kesehatan darah, cek tensi, pemeriksaan kolestrol, asam urat, cek mata, pengecekkan tingkat kelelahan dari driver sekaligus pemeriksaan uji tes narkoba dengan cara tes urine. (Mc.Kaltara/Gusti/Jufri)